Calon 'Penghancur' Google Search Mau Rilis, Jauh Lebih Aman?

  • 06 Juni 2022 12:08:12
  • Views: 11

Jakarta, CNBC Indonesia - Rumor bahwa Apple akan meluncurkan mesin pencari web pesaing Google Search muncul lagi ke permukaan.

Pembocor kenamaan, Robert Scoble menyebut mesin pencari terbaru ini akan mulai dirilis paling lama bulan Januari 2023 mendatang, demikian dikutip dari Apple Insider, Senin (6/6/2022). Namun demikian, Scoble tidak memberikan detail lebih lanjut di utas Twitter-nya.

Sebelumnya Scoble telah mengatakan bahwa Apple akan meluncurkan perangkat VR-nya yang kabarnya bakal disebut Apple Glass di WWDC 2022. Dalam gelaran yang sama ia juga menyebut Apple akan datang membawa iPod versi terbaru.

Ada preseden bagi perusahaan asal Cupertino tersebut untuk menggantikan layanan Google. Itu akhirnya dilakukan dengan membuang Google Maps demi Maps sendiri, meskipun itu tidak dimulai dengan baik.

AFoto: Google search merupakan mesin pencari terpopuler di dunia. Rumornya bakal akan disaingi oleh Apple (REUTERS/Beawiharta)

Selain itu, Apple juga memang sudah memiliki mesin pencari yang mendukung Siri dan Spotlight. Jadi, tampaknya tidak terlalu sulit bagi Apple untuk mengembangkannya menjadi layanan pencarian umum bergaya ala Google.

Jika Apple meluncurkan mesin pencari umum ini untuk pengguna, kemungkinan besar perusahaan berbasis di Cupertino, AS, itu akan kehilangan banyak uang.

Karena sebelumnya telah dilaporkan bahwa Google diperkirakan akan membayar Apple US$15 miliar selama tahun 2021, agar tetap bisa menjadi mesin pencari default di iOS.

Jika benar, satu kesepakatan itu setara dengan antara 15% dan 20% dari keuntungan tahunan Apple pada tahun 2020.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Warga RI Kini Bisa Beli CFD Saham AS, Ini Caranya!


(roy/roy)

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220604181149-37-344375/calon-penghancur-google-search-mau-rilis-jauh-lebih-aman

Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220604181149-37-344375/calon-penghancur-google-search-mau-rilis-jauh-lebih-aman
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Google, Insider, Reuters, Twitter,
events CFD,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
brands Apple,