KPK Temukan Bukti Baru di Kasus Korupsi Bupati Bogor nonaktif Ade Yasin, Apa Itu?

  • 06 Juni 2022 11:48:51
  • Views: 9

Suara.com - Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK temukan bukti baru dalam kasus korupsi kasus dugaan suap yang menjerat Bupati Bogor nonaktif Ade Yasin.

Hal itu setelah ada penggeledahan di beberapa lokasi pada Kamis (2/6) dan Jumat (3/6).

Pada Kamis (2/6), KPK menggeledah Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jabar dan rumah dari salah satu tersangka kasus tersebut.

Selanjutnya, KPK turut menggeledah Kantor Inspektorat Pemkab Bogor dan rumah dari salah satu tersangka di Kabupaten Bogor pada Jumat (3/6).

Baca Juga: Geledah Kantor BPK Jawa Barat, KPK Sita Sejumlah Dokumen Dan Alat Elektronik Di Kasus Suap Bupati Bogor

Dari empat lokasi tersebut, ditemukan dan diamankan berbagai bukti di antaranya sejumlah dokumen dan alat bukti elektronik yang diduga menjadi materi obyek audit yang dilakukan oleh tersangka ATM dan kawan-kawan untuk mengkondisikan hasil laporan pemeriksaan keuangan Pemkab Bogor sebagaimana permintaan tersangka AY.

Penggeledahan dilakukan dalam penyidikan kasus dugaan suap pengurusan laporan keuangan Pemkab Bogor, Jawa Barat (Jabar), Tahun Anggaran 2021.

Tim penyidik KPK dalam dua hari berturut-turut telah selesai melaksanakan upaya paksa penggeledahan di beberapa lokasi di wilayah Jawa Barat, kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri di Jakarta, Senin.

Ali mengatakan KPK segera mendalami dan menganalisis dari isi bukti-bukti tersebut untuk kemudian disita dan dikonfirmasi lebih lanjut kepada saksi-saksi dan para tersangka.

Sebelumnya pada Kamis (28/4), tim penyidik KPK juga telah menggeledah empat lokasi, yakni pendopo/rumah dinas Bupati Bogor, Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkab Bogor, Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemkab Bogor, dan rumah kediaman yang beralamat di Ciparigi, Bogor Utara, Kota Bogor.

Baca Juga: Hari Ini Jaksa KPK Bacakan Tuntutan Terdakwa Penyuap Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin Angin

Dari empat lokasi itu, diamankan berbagai dokumen keuangan dan uang dalam pecahan mata uang asing.


https://www.suara.com/news/2022/06/06/111417/kpk-temukan-bukti-baru-di-kasus-korupsi-bupati-bogor-nonaktif-ade-yasin-apa-itu

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/06/06/111417/kpk-temukan-bukti-baru-di-kasus-korupsi-bupati-bogor-nonaktif-ade-yasin-apa-itu
Tokoh





Graph

Extracted

persons Ade Yasin, Ali Fikri,
companies ADA,
ministries BPK, KPK,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities Bogor,
cases kasus suap, korupsi,