Dinas PU SDA Bojonegoro Normalisasi Sungai Ingas

  • 06 Juni 2022 11:21:39
  • Views: 15

Bojonegoro (beritajatim.com) – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sumber Daya Air (SDA) Kabupaten Bojonegoro beberapa hari ini melakukan normalisasi kali Ingas di Desa Kedungprimpen, Kecamatan Kanor, Senin (6/6/2022).

google.com, pub-9591068673925608, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Kepala DPU SDA Bojonegoro Erik Firdaus mengatakan, normalisasi sungai itu untuk mengantisipasi terjadinya banjir akibat tanggul jebol serta mengembalikan fungsi tanggul.

Anak Sungai Bengawan Solo di Kecamatan Kanor itu akan dilakukan normalisasi sepanjang 2 kilo meter. Tanah di dasar sungai dikeruk menggunakan alat berat ekskavator, serta tanggul sungai dilebarkan menjadi tiga meter.

“Jadi selama ini tanggul kali setempat sudah beralih fungsi, seperti ditanami pepohonan hingga dikeruk tanahnya untuk menguruk sawah. Ini yang menyebabkan tanggul semakin kecil dan mudah jebol apabila ada kiriman air, ujar Erik.

Dia menyebut tanggul sepanjang kali ingas yang ada di Desa Kedungprimpen yang berbatasan dengan Desa Pomahan Kecamatan Baureno di beberapa titik saat ini hanya tinggal 1 meter karena longsor. “Selain kita lebarkan menjadi tiga meter juga kita tinggikan tanggulnya, agar saat ada kiriman air tidak jebol seperti tahun lalu, ungkapnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat sekitar agar setelah dilakukan normalisasi ini ikut merawat tanggul kali. Warga dilarang menanami jenis pohon apapun yang menyebabkan tanah tanggul mudah keropos dan longsor saat kali sedang banjir. “Tanggul tidak boleh ditanami apapun serta tidak boleh dikeruk ke sawah, tegas Erik Firdaus.

Normalisasi kali ingas ini sudah dilakukan DPU SDA Bojonegoro sejak beberapa hari terakhir. Dua ekskavator dikerahkan untuk mengeruk tanah di kanan-kiri tanggul. Pepohan seperti waru, bambu, gempol hingga tanaman pisang yang berada di atas tanggul langsung dirobohkan oleh petugas dengan alat berat.

Normalisasi tanggul kali Ingas ini diharapkan dapat mengantisipasi terjadinya banjir akibat tanggul jebol seperti awal tahun lalu. Dimana saat itu tanggul kali ingas jebol sepanjang delapan meter dan air menggenangi ratusan hektar tanaman padi siap panen. [lus/kun]


https://beritajatim.com/politik-pemerintahan/dinas-pu-sda-bojonegoro-normalisasi-sungai-ingas/

Sumber: https://beritajatim.com/politik-pemerintahan/dinas-pu-sda-bojonegoro-normalisasi-sungai-ingas/
Tokoh



Graph

Extracted

persons Firdaus,
companies ADA, Google,
topics Banjir, longsor,
fasums sungai Bengawan Solo,
places JAWA TENGAH, JAWA TIMUR,
cities Bojonegoro, Solo,