Ini Daerah Tersulit Distribusi BBM Satu Harga di Kalimantan

  • 06 Juni 2022 11:19:21
  • Views: 17

MerahPutih.com - Pemerintah telah menetapkan program BBM Satu Harga di seluruh nusantara. Penugasan ini dimandatkan kepada Pertamina untuk menjamin ketersediaan energi terutama BBM di wilayah Terdepan, Terpencil dan Tertinggal (3T).

Sejak tahun 2017, Pertamina berjuang bagi masyarakat yang berada di wilayah dengan akses tersulit untuk menghantarkan energi yang sama dengan di wilayah lainnya.

Baca Juga:

Legislator PKS Desak Pertamina Atasi Kelangkaan Solar

Di Kalimantan ada 71 titik BBM Satu Harga tersebut tersebar meliputi Kalimantan Utara 18 titik, Kalimantan Timur 7 titik, Kalimantan Selatan lima titik, Kalimantan Tengah 13 titik, dan Kalimantan Barat 28 titik.

Pertamina menyebut, daerah tersulit merealisasi BBM (bahan bakar minyak) satu harga di Kalimantan ada di Kalimantan Utara, yakni Krayan, daerah perbatasan Indonesia dengan Malaysia.

Salah satu titik yang menantang dalam merealisasikan SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum) BBM satu harga adalah berbatasan langsung dengan Malaysia, yakni Kecamatan Krayan di Kabupaten Nunukan Kaltara, kata Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan Freddy Anwar dalam keteranganya, Minggu (6/6).

Stasiun
Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di wilayah Kalimantan. ANTARA/HO - Humas Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan.

Ia mengatakan, guna mencapai ke Krayan maka produk BBM harus dihantarkan melalui tiga moda atau jenis transportasi sekaligus yakni darat, laut dan udara. Hal ini disebabkan oleh kondisi wilayah Krayan yang hanya mampu dijangkau oleh pesawat khusus jenis air traktor.

Selain Nunukan, wilayah BBM Satu Harga dengan jalur yang ekstrem terdapat di wilayah Kecamatan Long Apari di Kabupaten Mahakam Ulu. BBM yang dikemas dalam drum kemudian harus diangkut menggunakan perahu panjang dari Long Bagun.

Ini disebabkan medan tempuh yang cukup berat, karena harus melewati jeram jeram berarus kencang Sungai Mahakam. Pertamina berkomitmen penuh untuk menjamin ketersediaan dan kelancaran distribusi di daerah-daerah 3T, katanya. (Asp)

Baca Juga:

Pertamina Jelaskan Alasan Naikkan Harga Pertamax Jadi Rp 12.500 Per Liter


https://merahputih.com/post/read/ini-daerah-tersulit-distribusi-bbm-satu-harga-di-kalimantan

Sumber: https://merahputih.com/post/read/ini-daerah-tersulit-distribusi-bbm-satu-harga-di-kalimantan
Tokoh

Graph