Tiket Borobudur Dicanangkan Naik Jadi Rp750 Ribu, Pengamat: Itu Tidak Tepat

  • 06 Juni 2022 11:08:21
  • Views: 7

IDXChannel - Rencana pemerintah untuk menaikkan harga tiket masuk Candi Borobudur masih menuai kontroversi di masyarakat. Beberapa pihak menilai langkah tersebut tidak tepat dan terlampau mahal dibandingkan destinasi serupa secara global.

Pengamat Pariwisata Azril Azahari menilai wacana harga tiket masuk Candi Borobudur yang dicanangkan oleh Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang  tadinya Rp50 ribu, direncanakan akan naik menjadi Rp750 ribu.

Azril menilai kebijakan kenaikan harga hingga pembatasan jumlah pengujung 1.200 Per hari tersebut tidak masuk akal dan tidak memiliki kajian ilmiah yang belum autentik. 

“Pertama Membatasi pengunjung ke borobodur , pertanyaannya kenapa 1.200 apakah sudah ada riset tidak? Mungkin kurang dari itu, detail atau hasil risetnya tidak ada yang dinyatakan alasanya oleh pak Menko Luhut, kata Azril saat dihubungi MNC PORTAL, Senin (6/6/2022).

Sementara, soal kenaikan harga masuk bagi turis lokal tidak tepat dan tidak orang membeli apakah sebanding dengan apa yang telah didapatkan oleh pengunjung.

“Sekarang bayarnya mahal Rp750, memang kelestarian budaya. Tapi itu sangat tidak tepat, dari Rp50 sampai Rp750 layanan yang diterima oleh pengunjung apa saja? Beda misalnya di negara lain misalnya Mesir masuk pyramida itu dulu saya ke Mesir. Ada pertunjukan ada yang bisa saya tonton, ada kualitas, tambahnya.

Jika alasannya untuk konservasi, itu tak dibenarkan karena hal tersebut telah dibiayai dan diurus oleh Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

“Dananya itu sudah cukup besar, ada Badan TWC atau Badan otoritas borobudur yang mengurusi taman wisata candi borobudur maupun prambanan jadi sebenarnya itu sudah diurusi, ujarnya.

“Sekarang apa yang didapat kalau misal bayar Rp750 Itu. Sebanding apa tidak jadi ini juga masih belum masuk akal. Kalau dengan harga yang lama cukup kenapa harus dinaikan? Kalau pembatasan kan bisa dibatasi lewat online bukan masalah uangnya, kalo sebanding ya oke, tandasnya. (TYO)


https://www.idxchannel.com/economics/tiket-borobudur-dicanangkan-naik-jadi-rp750-ribu-pengamat-itu-tidak-tepat

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/tiket-borobudur-dicanangkan-naik-jadi-rp750-ribu-pengamat-itu-tidak-tepat
Tokoh



Graph

Extracted

persons Luhut Binsar Panjaitan,
companies ADA, MNC,
ministries Kemdikbud, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
fasums Borobudur,
nations Mesir,