DPD-RI Jalin Kerjasama Riset Kesehatan dengan Institut Kesehatan Indonesia

  • 06 Juni 2022 11:00:11
  • Views: 3

Cyberthreat.id – Ketua Komite I DPD RI, Fachrul Razi, menyatakan DPD RI akan menjalin kerjasama dengan Institut Kesehatan Indonesia di bidang riset kesehatan.

“Rancangan kerjasamanya akan kita godok dengan matang. Nanti IKI akan membantu DPD dalam riset-riset kesehatan di Indonesia, kata Fachrul Razi di Jakarta, Jumat (3 Juni 2022).

Pernyataan ini disampaikan sehari setelah ia mengisi seminar Kepemimpinan Nasional dan Sosialisasi Pilar Kebangsaan, bertema Tantangan Milenial sebagai Pemimpin Masa Depan di Institut Kesehatan Indonesia (IKI) Jakarta, Kamis (2 Juni 2022). Bertempat di Kampus IKI, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Fachrul Razi didampingi Rektor IKI, Dr Nurlis Effendi.

Fahrul Razi menyampaikan bahwa di IKI terdapat sejumlah dosen yang sangat berkompeten di bidangnya. Ia memberi contoh, bahwa pengajar-pengajar yang sangat kompeten dan juga peneliti di IKI, di antaranya adalah Dr Didik Budijanto yang adalah seorang peneliti di BRIN dan Dr Tri Maharani yang adalah pakar spesialis emergency dan ahli gigitan ular berbisa.

Menurutnya, IKI sangat bagus untuk dikembangkan menjadi kampus yang berbasis riset kesehatan. Sehingga menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang mengkhususkan diri ke riset kesehatan, dan ini tak hanya berguna untuk Indonesia, bahkan dari berbagai belahan dunia juga bisa memanfaatkan keberadaan IKI.

“Apalagi sudah didukung dengan sarana dan prasarana yang sangat bagus, di sana juga sedang dibangun sebuah rumah sakit untuk mendukung keberadaan IKI, kata Fachrul.

Ia menilai, sangat layak jika DPD RI ikut memberi dukungan terhadap perkembangan IKI, sehingga dapat memperkuat pendidikan para mahasiswa di sana. “Jadi, sebetulnya banyak hal yang bisa kita lakukan, tinggal nanti kita akan cari titik utama bentuk kerjasama yang bermanfaat bagi bangsa dan negara ini.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor IKI, Dr Nurlis Effendi, membenarkan sudah menjalin pembicaraan yang serius mengenai kerjasama dengan DPD-RI. Hal ini diyakininya bisa menjadi jembatan penting bagi IKI untuk pengembangannya ke masa depan. Selain itu, kampus yang berbasis riset kesehatan akan sangat menarik bagi IKI.

“Kita akan siapkan segala hal yang berkaitan dengan riset kesehatan, termasuk para pakar yang ada di IKI, kata Nurlis.

Seminar Kepemimpinan

Sebelumnya, pada seminar kepemimpinan Fachrul Razi menyatakan bahwakepemimpinan di masa depan harus akrab dengan teknologi digital. Sebab, itu adalah suatu keniscayaan di era perkembangan teknologi digital yang begitu masif saat ini. Terlebih, setelah dunia dilanda Pandemi Covid-19 yang memaksa kita masuk total ke ruang siber untuk beraktivitas.

Ia menambahkan, pengetahuan mengenai digital ini wajib dimiliki oleh para pemimpin dari berbagai latar belakang keilmuan. Termasuk dari bidang kesehatan seperti di Institut Kesehatan Indonesia yang saya yakin juga akan melahirkan pemimpin-pemimpin masa depan dari latar belakang keilmuan kesehatan.

“Semua orang sekarang terkoneksi dengan internet, semua hal sekarang berada dalam genggaman, telepon seluler, kata Fahrul Razi

Bahkan, pemimpin dari berbagai latar keilmuan juga harus peka terhadap kesehatan. Sebab, setiap orang saat ini sangat peka terhadap persoalan kesehatan. Terutama setelah Pandemi Covid-19 ini, banyak pihak yang menyadari pentingnya hidup sehat dalam lingkungan yang sehat.

“Apalagi yang berkaitan dengan kebersihan yang telah menjadi standar utama dalam segala kegiatan, katanya.

Rektor IKI Dr Nurlis Effendi mengapresiasi kehadiran Ketua Komite I DPD RI pada seminar tersebut. Menurutnya, Fahrul Razi dapat menjadi inspirasi para mahasiswa, dalam usia yang sangat muda sudah mampu menjadi senator dan dipercaya menjadi Ketua Komite di DPD RI.

“Jadi alasan utama menghadirkan Fachrul Razi ke seminar ini bukan saja soal materinya yang bagus, namun juga sosok Fachrul Razi juga penting untuk menjadi inspirasi mereka, kata Nurlis.

Apalagi, seminar ini tak hanya dihadiri oleh mahasiswa-mahasiswa IKI, juga dihadiri ratusan siswa-siswa sekolah di dekat kampus dan didampingi guru-gurunya masing-masing. Seminar ini dihadiri 500 peserta yang memenuhi Aula IKI.

Saat ini IKI sedang menggarap sejumlah acara yang berkaitan dengan pendidikan kesehatan. Berkaitan dengan seminar kepemimpinan tersebur adalah untuk pembekalan bagi mahasiswa yang bergabung dalam berbagai organisasi di kampus IKI. Selain itu, IKI juga akan menggelar event yang berkaitan dengan farmasi, psikologi, administrasi rumah sakit, kesehatan masyarakat, kesehatan lingkungan dan gizi.

“Semua kita sesuaikan dengan sejumlah program studi yang ada di IKI, tutup Nurlis.


https://cyberthreat.id/read/14078/DPD-RI-Jalin-Kerjasama-Riset-Kesehatan-dengan-Institut-Kesehatan-Indonesia

Sumber: https://cyberthreat.id/read/14078/DPD-RI-Jalin-Kerjasama-Riset-Kesehatan-dengan-Institut-Kesehatan-Indonesia
Tokoh



Graph

Extracted

persons Fachrul Razi,
companies ADA,
ministries BRIN, DPD, DPD RI,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Kelapa Gading,
cases covid-19,
animals Ular,