Kebakaran di Bangladesh Tewaskan Sedikitnya 49 Orang, Termasuk 9 Petugas Pemadam

  • 06 Juni 2022 10:03:23
  • Views: 6

TEMPO.CO, Jakarta -Kebakaran di Bangladesh yang terjadi di depot kontainer hingga hari kedua pada Senin 6 Juni 2022 dilaporkan telah menewaskan sedikitnya 49 orang, termasuk sembilan petugas pemadam kebakaran.

Seperti dilansir 9News, upaya pemadaman api di dekat pelabuhan tenggara Bangladesh tersebut terus dilakukan hingga memasuki malam kedua. Selain itu, tercatat 100 orang luka-luka dalam insiden ini.

Pejabat dan media lokal pada Ahad mengatakan kobaran api terjadi di Depot BM Inland Container, sebuah perusahaan patungan Belanda-Bangladesh pada Sabtu tengah malam. Api dipicu ledakan di sebuah wadah yang penuh dengan bahan kimia.

Depot ini terletak di dekat Pelabuhan Chittagong, 216 kilometer tenggara ibukota, Dhaka. Menurut Direktur Jenderal Dinas Pemadam Kebakaran dan Pertahanan Sipil Bangladesh, Brigjen Jenderal Main Uddin, setidaknya sembilan petugas pemadam kebakaran termasuk di antara yang tewas. Sementara itu, lebih dari 10 lainnya dirawat karena luka bakar.

Sejumlah ledakan susulan terdengar dan api terus menyebar. Ahli bahan peledak dari militer Bangladesh telah dipanggil untuk membantu petugas pemadam kebakaran.  Ledakan itu menghancurkan jendela-jendela bangunan di dekatnya. Bahkan getaran ledakan terasa sejauh 4 kilometer.

Menurut stasiun televisi Ekattor dan ahli bedah sipil daerah itu, jumlah korban tewas masih bisa bertambah. Hingga malam kedua, api masih terus berkobar. Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina mengungkapkan keterkejutannya atas kecelakaan itu. Dia memerintahkan penanganan yang memadai untuk perawatan medis bagi yang terluka.

Bangladesh memiliki sejarah bencana industri, termasuk pabrik yang terbakar dengan pekerja yang terjebak di dalamnya. Kelompok pemantau menyalahkan korupsi dan lemahnya penegakan hukum.

Baca juga: Kebakaran Besar di Bangladesh akibat Ledakan Depot Kontainer, 16 Tewas

SUMBER: 9NEWS


https://dunia.tempo.co/read/1598792/kebakaran-di-bangladesh-tewaskan-sedikitnya-49-orang-termasuk-9-petugas-pemadam

Sumber: https://dunia.tempo.co/read/1598792/kebakaran-di-bangladesh-tewaskan-sedikitnya-49-orang-termasuk-9-petugas-pemadam
Tokoh

Graph

Extracted

companies Reuters,
organizations API,
nations Bangladesh, Belanda,
places DKI Jakarta,
cases kebakaran, kecelakaan, korupsi,