Penyuap Bupati Langkat Hadapi Sidang Tuntutan Hari Ini

  • 06 Juni 2022 09:24:24
  • Views: 10

Jakarta -

Direktur CV Nizhami, Muara Perangin Angin, hari ini akan menghadapi sidang tuntutan terkait kasus suap Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin Angin. Sidang tuntutan akan digelar di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Benar, hari ini (6/6) Tim Jaksa KPK dijadwalkan akan membacakan surat tuntutan untuk Terdakwa Muara Perangin Angin, ujar Plt Jubir KPK Ali Fikri kepada wartawan, Senin (6/6/2022).

Ali mengatakan jaksa akan mengungkap perbutan Muara yang diyakini jaksa terbukti. Surat tuntutan akan dibaca rinci sesuai fakta sidang.

Tim Jaksa akan mengungkap seluruh perbuatan Terdakwa sesuai fakta persidangan yang dirangkum dalam analisa yuridis surat tuntutan, ucapnya.

Dalam kasus ini, Muara Perangin Angin didakwa memberi suap senilai Rp 572 juta ke Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin Angin. Suap diberikan agar Terbit memberikan paket pekerjaan di Dinas PUPR Langkat dan Disdik Langkat ke perusahaan Muara.

Uang suap diberikan Muara ke Terbit melalui Iskandar Perangin Angin, Marcos Surya Abadi, Suhanda Citra, dan Isfi Syahfitra. Mereka adalah orang kepercayaan Terbit.

Disebut jaksa Terbit mengatur proses lelang proyek di Dinas PUPR dan Dinas Pendidikan Langkat agar dimenangkan oleh perusahaan Muara. Hal itu, bertentangan dengan kewajiban Terbit Rencana Perangin Angin selaku Bupati Langkat.

Muara Perangin Angin didakwa melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

(zap/idn)

https://news.detik.com/berita/d-6112108/penyuap-bupati-langkat-hadapi-sidang-tuntutan-hari-ini

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6112108/penyuap-bupati-langkat-hadapi-sidang-tuntutan-hari-ini
Tokoh



Graph

Extracted

persons Ali Fikri,
ministries KPK, Pengadilan TIPIKOR Jakarta,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cases kasus suap, korupsi, Tipikor,