Cuaca Besok Selasa 7 Juni 2022, Jabodetabek Pagi Cerah Berawan, Siang Hujan

  • 06 Juni 2022 08:48:50
  • Views: 9

Sementara itu, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati mengajak para insinyur Indonesia untuk berkolaborasi menghadapi ancaman multi bencana akibat perubahan iklim ataupun fenomena tektonik-vulkanik.

Menurut dia, peran insinyur sangat dibutuhkan dalam upaya mitigasi bencana alam.  

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terletak di atas cintin api dan seismik aktif, sehingga rentan terhadap risiko multi-bencana alam baik berupa gempa bumi, tsunami, letusan gunung api, banjir, banjir bandang, banjir rob, puting beliung, dan longsor.

Realitas ini menjadi tantangan bagi kita semua termasuk para insinyur Indonesia, untuk sama-sama bergotong royong mewujudkan zero victim, kata Dwikorita dalam Webinar HUT Persatuan Insinyur Indonesia (PII) ke-70, Sabtu (4/6/2022).

Dia mengatakan, insinyur Indonesia harus senantiasa mengedepankan atau mengintegrasikan manajemen risiko bencana pada setiap pekerjaan perencanaan, pembangunan, operasional dan pemeliharaan infrastruktur, dengan menempatkan komunitas masyarakat sebagai mitra aktif.

Selain itu, lanjut Dwikorita, perlu pemberdayaan melalui edukasi dan literasi agar masyarakat dapat berpartisipasi dalam menjaga, memelihara, bahkan ikut mendukung pengoperasian sistem atau infrastruktur yang dibangun.


https://www.liputan6.com/news/read/4979255/cuaca-besok-selasa-7-juni-2022-jabodetabek-pagi-cerah-berawan-siang-hujan

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4979255/cuaca-besok-selasa-7-juni-2022-jabodetabek-pagi-cerah-berawan-siang-hujan
Tokoh

Graph