Tugu Mahkota Binokasih di Sumedang, Simbol Peninggalan Kerajaan Sunda

  • 06 Juni 2022 08:34:15
  • Views: 14

PIKIRAN RAKYAT - Sumedang dikenal sebagai surganya tahu. Selain itu, kota ini berada di perlintasan antarkota yang menghubungkan Bandung dan Cirebon.

Dalam perlintasan tersebut, terdapat bundaran yang dikenal sebagai Bunderan Binokasih yang memiliki tugu replika mahkota.

Mahkota itu tak lain adalah Mahkota Binokasih Sanghyang Pake, yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi warga asli Sumedang.

Dihiasinya bunderan tersebut dengan mahkota itu bukan tanpa alasan. Pasalnya, Mahkota Binokasih Sanghyang Pake memiliki sejarahnya tersendiri untuk Sumedang.

Baca Juga: Sumedang Banjir, Terjadi Kemacetan Panjang

Nama tugu Mahkota Binokasih diberikan lantaran puncaknya bertengger lambang Kerajaan Padjajaran di masa lampau yang kala itu diwariskan kepada Kerajaan Sumedang Larang.

Berdasarkan sejarah, mahkota tersebut diwariskan lantaran Kerajaan Padjajaran hancur usai digempur pasukan gabungan dari Banten, Cirebon, dan Demak.

Mahkota tersebut pun diselamatkan oleh Sayang Hawu, Terong Peot, dan Kondang Hapa, untuk kemudian dibawa ke Sumedang Larang guna diserahkan kepada Prabu Guesan Ulun yang kala itu berkuasa.

Baca Juga: Pengalaman Mudik ke Sumedang Bersama Smartfren, Internet Bebas Buffering


https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-014658593/tugu-mahkota-binokasih-di-sumedang-simbol-peninggalan-kerajaan-sunda

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-014658593/tugu-mahkota-binokasih-di-sumedang-simbol-peninggalan-kerajaan-sunda
Tokoh

Graph

Extracted

companies Smartfren,
topics Banjir, Mudik,
places BANTEN, JAWA BARAT, JAWA TENGAH,
cities bandung, Cirebon, Demak, Sumedang,
cases Kemacetan,
plants Terong,