Ramai Tiket Candi Borobudur Rp 750 Ribu, Ini Harga Tiket 7 Situs Warisan Dunia

  • 06 Juni 2022 08:03:28
  • Views: 15

TEMPO.CO, Jakarta - Rencana pemerintah untuk menaikkan harga tiket naik Candi Borobudur mendapat sorotan masyarakat. Tarif sebesar Rp 750 ribu untuk wisatawan domestik yang ingin naik ke area stupa candi tersebut dinilai terlalu tinggi.

Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan rencana kenaikan harga tiket itu untuk menjaga kelestarian cagar budaya yang sudah ditetapkan sebagai situs warisan dunia UNESCO. Lalu berapa harga tiket situs warisan dunia lain? 

Chichén Itzá, Meksiko

Situs warisan dunia dengan bangunan Suku Maya itu menetapkan harga tiket masuk yang berbeda harganya untuk wisatawan lokal dan internasional. Harga tiket Chichen Itza dalam lama chichenitza.com dibanderol bagi wisatawan mancanegara seharga 533 dolar Meksiko atau sekitar Rp 393 ribu untuk dewasa dan Rp 59 ribu untuk anak. Sementara untuk warga lokal sebesar Rp 59 ribu dan untuk kewarganegaraan Meksiko sekitar Rp 175 ribu per tiket masuk.

Colosseum, Italia

Bangunan peninggalan sejarah berbentuk arena gladiator yang terletak di Italia itu adalah situs warisan dunia yang berharga. Wisatawan yang akan menikmati keindahan Colosseum dapat memilih harga tiket mulai dari tiket biasa hingga paket dan tur. Melihat di laman thecolosseum.org, tiket masuk untuk dewasa sebesar €16 atau setara dengan Rp 247 ribh dan tiket anak sebesar €6 atau sekitar Rp 92 ribu per tiket. Sementara harga tiket tur mulai dari €40 hingga €161 (Rp 619 ribu-2,4 juta)

Patung Kristus Penebus, Brasil

Patung yang menjadi simbol umat Kristen ini memiliki tinggi 38 meter dan terletak di puncak Gunung Corcovado, Rio de Janeiro, Brasil. Wisatawan yang ingin berkunjung dapat membayar tiket masuk sekitar Rp 250 ribu untuk high season dan Rp 200 ribu pada low season. Anak-anak diatas 6 tahun dikenakan tiket masuk sekitar Rp 150.000 sedangkan lansia di atas 60 tahun cukup membayar sekitar Rp 80.000.

Taj Mahal, India

Kemegahan monumen yang terletak di Agra, India ini dapat dinikmati wisatawan dengan membayar tiket masuk sebesar 1.100 Rupe atau sekitar Rp 204 ribu untuk wisatawan mancanegara dan 50 Rupe sekitar Rp 9.000 untuk warga lokal.

Machu Picchu, Peru

Situs bersejarah simbol Kerajaan Inka ini terletak di Peru. Pengunjung yang ingin menikmati keindahan keajaiban tersebut dapat merogoh kocek sekitar Rp 866 ribu untuk wisatawan mancanegara usia dewasa dan Rp 500 ribu untuk wisman usia anak. Sementara penduduk lokal dikenakan harga tiket masuk sekitar Rp 450 ribu untuk dewasa dan Rp 300 ribu untuk anak. Situs Machu Picchu juga menerapkan pembatasan kunjungan per harinya, yaitu 2.244 orang dengan waktu kunjungan yang telah ditentukan.

Tembok Besar Cina, Cina

Salah satu situs keajaiban dunia ink merupakan bangunan terpanjang yang pernah diciptakan manusia. Harga tiket masuk yang ditawarkan mulai dari sekitar Rp 300 ribu hingga Rp 1,7 juta tergantung dengan paket yang dipilih.

Petra, Yordania

Petra terletak di tengah antara Teluk Aqaba dan Laut Mati pada ketinggian kurang lebih 800 hingga 1.396 meter di atas permukaan laut. Tiket masuk yang ditawarkan berkisar antara sekitar Rp 1 juta hingga Rp 1,83 juta per tiket masuk tergantung lama berkunjung.

Bila dibandingkan dengan rencana harga tiket masuk Candi Borobudur, harganya hampir setara dengan Petra di Yordania dan Machu Picchu di Peru.

Baca juga: Pemerintah Akan Kaji Lagi Rencana Kenaikan Harga Tiket Naik Candi Borobudur

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update. Klik Tempo.co Update untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram lebih dulu.


https://travel.tempo.co/read/1598752/ramai-tiket-candi-borobudur-rp-750-ribu-ini-harga-tiket-7-situs-warisan-dunia

Sumber: https://travel.tempo.co/read/1598752/ramai-tiket-candi-borobudur-rp-750-ribu-ini-harga-tiket-7-situs-warisan-dunia
Tokoh



Graph

Extracted

persons Luhut Binsar Panjaitan,
companies Telegram,
ministries kemenparekraf,
fasums Borobudur,
nations Brasil, India, Italia, Meksiko, Peru, Republik Rakyat Cina, Yordania,
places DKI Jakarta,
cities Gunung, Rio De Janeiro,