BMKG Prakirakan Hujan Melanda Sebagian Indonesia, Beberapa Berstatus Waspada

  • 06 Juni 2022 06:04:16
  • Views: 19

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan ibu kota Provinsi Sulawesi Barat, Mamuju, akan dilanda hujan lebat pada hari Senin, 6 Juni 2022.

Hujan skala sedang kemungkinan terjadi di Denpasar, Bandung dan Palembang. Dan hujan skala ringan di Banda Aceh, Bengkulu, Gorontalo, Jambi, Semarang, Surabaya, Banjarmasin, Palangkaraya, Samarinda, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Ambon, Mataram, Kupang, Makassar, Kendari, Manado, Padang dan Medan.

BMKG memantau adanya daerah konvergensi yang memanjang dari perairan Bengkulu hingga pesisir Sumatra Barat,  Jawa Tengah,  Kalimantan Barat,  Kalimantan Selatan,  Kalimantan Utara.

Daerah konvergensi juga di Sulawesi bagian tengah, Laut Arafuru,  Laut Jawa bagian barat, dan dari Laut Banda hingga Sulawesi Tenggara. Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Beberapa provinsi di Indonesia Senin berada dalam kategori Waspada terhadap bencana hidrometeorologi (genangan, banjir, banjir bandang, dan lainnya) dampak dari potensi hujan lebat di Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, Jawa Tengah, DI Yogya, Jawa Timur, Banten, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku dan Papua.

Suhu udara berkisar antara 18-34 °C dengan suhu terendah di Bandung dan tertinggi di Mataram.

Baca:
BMKG Prakirakan Hujan Disertai Petir Melanda Bandung dan Banjarmasin 

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.


https://tekno.tempo.co/read/1598730/bmkg-prakirakan-hujan-melanda-sebagian-indonesia-beberapa-berstatus-waspada

Sumber: https://tekno.tempo.co/read/1598730/bmkg-prakirakan-hujan-melanda-sebagian-indonesia-beberapa-berstatus-waspada
Tokoh

Graph