Humor Gus Dur: Ketika Unta Disamakan dengan Manusia Pendendam

  • 06 Juni 2022 05:46:53
  • Views: 14

JAKARTA - Kiai Haji Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur selalu identik dengan humor. Humor-humor Gus Dur begitu membekas di dalam ingatan koleganya.

Betapa tidak, dalam setiap kesempatan menerima tamu di kediamannya di Kawasan Ciganjur, Jakarta Selata, baik itu tamu negara maupun santri dan warga biasa, Gus Dur selalu mampu menyairkan suasana dengan berbagai guyonan yang dilontarkannya.

Bahkan, saking berkesannya humor Gus Dur ini telah dikumpulkan dijadikan satu buku berjudul 'Fatwa dan Canda Gus Dur' karya KH Maman Imanulhaq.

Dalam suatu kesempatan, Gus Dur menerima tamu penting di rumahnya. Bukan Gus Dur namanya jika tidak bisa membuat suasana lebih akrab dan hangat.

Di sela-sela obrolang penting yang dibicarakan, cucu Pendiri Organisasi Islam Nahdlatul Ulama (NU) K.H. Hasyim Asyari ini pun melontarkan guyonan tentang unta, hewan yang banyak ditemukan di tanah Arab.

Gud Dur berseloroh bahwa unta merupakan hewan dengan ingatan paling kuat di bumi. Karena itu, unta juga merupakan hewan yang pendendam. Mendengar selorohan Gus Dur tersebut, salah satu tamu menanggapi.

Panjang ingatan unta bisa sampai berapa lama, Gus? tanyanya seperti dikutip dari laman Santrigusdur, Minggu (5/6/2022).

Bisa sampai 10 tahun, jawab Gus Dur singkat.

Luar biasa hewan ini. Mungkin pengaruh panjangnya perjalanan yang sering mereka lakukan di gurun, ucap tamu lain menanggapi.

Bisa jadi, balas Gus Dur secara diplomatis.

Kemudian, Gus Dur pun memberikan contoh betapa kuatnya ingatan sang unta. Dia bilang, apabila ada seseorang yang memukul unta itu, maka dia akan membalasnya pada kesempatan lain.

Walaupun kejadiannya sudah 10 tahun, jelas Gus Dur.

Jadi kalau ada manusia yang tidak mau akur dan pendendam setelah 10 tahun berkonflik, maka ia bukan manusia, tapi unta, canda Gus Dur disambut tawa para tamunya.


https://nasional.okezone.com/read/2022/06/05/337/2606009/humor-gus-dur-ketika-unta-disamakan-dengan-manusia-pendendam?page=1

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/06/05/337/2606009/humor-gus-dur-ketika-unta-disamakan-dengan-manusia-pendendam?page=1
Tokoh







Graph

Extracted

persons Gus dur, Hasyim Asy'ari, Maman Imanulhaq,
companies ADA,
organizations NU,
religions Islam,
topics haji,
places DKI Jakarta,
cities Ciganjur,