Pemkab Cianjur Akan Kehilangan PAD Miliaran Rupiah, Wisatawan Kapok ke Cibodas

  • 05 Juni 2022 22:51:17
  • Views: 12

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM — Pemerintah Kabupaten Cianjur terancam kehilangan pendapatan asli daerah dari sektor pajak parkir, kebersihan dan pariwisata, karena adanya wisatawan yang kapok datang lagi ke kawasan wisata Cibodas Cipanas.

Alasan kapoknya para wisatawan lokal domestik maupun mancanegara, lantaran tiket masuk ditagih dua kali, mulai dari gerbang utama hingga masuk ke sejumlah objek wisata.

Selain meminta satu pintu masuk dengan satu kali pungutan tiket, juga tarif dinilai terlalu mahal, baik untuk personal maupun untuk rombongan kendaraan mobil dan motor.

Seandainya ancaman itu terealisasi secara perlahan, maka Pemkab Cianjur akan kehilangan PAD miliaran rupiah, karena kawasan wisata Cibodas salah satu andalan pemasukan pajak.

Pantauan di lapangan, terdapat gerbang utama yang merupakan retribusi yang dikenakan Pemkab Cianjur, satu orang harus membayar Rp12 ribu. Setelah dari sini, pengunjung juga wajib membayar lagi biaya parkir.

Keberatan wisatawan bertambambah karena mereka membayar retribusi hanya untuk melintas saja sebelum masuk ke sejumlah objek wisata yang dikelola TNGP dan BRIN.

Baca Juga: Menang 6-1 atas Klub Singapura, Persib Tunjukkan Tanda Duka untuk Anak Sulung Ridwan Kamil

Jika wisatawan ingin melanjutkan masuk ke kawasan Kebun Raya Cibodas, juga kembali dikenakan tiket masuk sebesar Rp25 ribu per orang.

Asep Saefulloh Husen (42) wisatawan asal Depok mengaku kesal dengan adanya retribusi di kawasan wisata Cibodas.


https://www.ayobandung.com/umum/pr-793534533/pemkab-cianjur-akan-kehilangan-pad-miliaran-rupiah-wisatawan-kapok-ke-cibodas

Sumber: https://www.ayobandung.com/umum/pr-793534533/pemkab-cianjur-akan-kehilangan-pad-miliaran-rupiah-wisatawan-kapok-ke-cibodas
Tokoh





Graph

Extracted

persons Muhammad, Ridwan Kamil,
companies Google,
ministries BRIN,
nations Singapura,
places JAWA BARAT, rupiah,
cities Cianjur, Depok,