Hari Lingkungan Hidup, KLHK & Bike To Work Gelar Gowes Sejuta Sepeda

  • 05 Juni 2022 17:23:59
  • Views: 6

Jakarta -

Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) KLHK Sigit Reliantoro menyebutkan jika masa depan akan menggunakan renewable energi. Untuk itu masyarakat didorong beralih menggunakan energi ramah lingkungan, salah satunya dengan bersepeda untuk mobilisasi harian.

Kita harus memulainya. Salah satunya dengan bersepeda. Kita juga mendorong dengan menggunakan mobil listrik. Ini mestinya akan menjadi gerakan masyarakat secara bersama-sama, ujar Sigit dalam keterangan tertulis, Minggu (5/6/2022).

Karena itulah, pada Hari Lingkungan Hidup yang jatuh hari ini, KLHK bekerja sama dengan Bike To Work (B2W) menggelar Aksi Sejuta Sepeda Satu Indonesia yang diikuti oleh lebih dari seribu pesepeda dari berbagai komunitas di Jadetabek.

Sigit menyatakan jika peringatan HLH tahun ini memberi porsi besar pada ajakan kepada generasi muda untuk menjadi bagian dari gerakan lingkungan. Kegiatan ini juga sekaligus memperingati hari sepeda dunia pada tanggal 3 Juni 2022 lalu.

Jadi konsepnya kita menyerahkan bumi ini kepada anak-anak muda sebagai generasi mendatang, tapi sebetulnya kita juga sudah mengajak generasi muda ini untuk mulai berkarya dari sekarang untuk mulai peduli menjadi Champions untuk perubahan di masa mendatang, jelas Sigit.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang mengambil tema Only One Earth merupakan HLH ke 50 sejak dicetuskan pada Konferensi Stockholm tahun 1972. KLHK juga menetapkan tema Hari Lingkungan Hidup untuk Indonesia yaitu 'Satu Bumi untuk Masa Depan'.

Pada kesempatan ini rute bersepeda dimulai dari Balai Kota Jakarta dan berakhir di Gedung Manggala Wanabakti KLHK. Ada beberapa kegiatan bertajuk lingkungan juga yang dilakukan yaitu deklarasi para pesepeda untuk menggunakan sepeda sebagai moda transportasi sehari hari, mendorong jalur khusus pesepeda, dan terlibat dalam program ramah lingkungan.

Selain itu juga dilakukan pelepasliaran burung kutilang dan penanaman pohon mahoni. KLHK juga meresmikan parkir sepeda dan launching komunitas pesepeda KLHK.

Adapun Hari Sepeda Sedunia yang diperingati setiap tanggal 3 Juni dan Hari Lingkungan Hidup yang diperingati setiap tanggal 5 Juni ini mendorong Gerakan Bersepeda melalui penyelenggaraan kegiatan bersepeda bersama serempak di seluruh Indonesia 'Sejuta Sepeda, Satu Indonesia'.

Kegiatan ini dilakukan untuk mengurangi Gas Rumah Kaca (GRK) yang bersumber dari kendaraan bermotor. Harapannya adalah menjaga kualitas udara semakin bersih, menjadikan sepeda sebagai moda transportasi dan mewujudkan hidup sehat.

Turut hadir dalam aksi ini Direktur Pengendalian Pencemaran Udara, dan jajaran Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional lingkup KLHK, Perwakilan Struktur Organisasi Bike to Work, serta jajaran staf KLHK.

(ega/ega)

https://news.detik.com/berita/d-6111550/hari-lingkungan-hidup-klhk-bike-to-work-gelar-gowes-sejuta-sepeda

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6111550/hari-lingkungan-hidup-klhk-bike-to-work-gelar-gowes-sejuta-sepeda
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
parties Berkarya,
topics Listrik,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Stockholm,
transportations mobil listrik, sepeda,