Formula E Sukses, Bamsoet Dorong Migrasi Kendaraan BBM ke Listrik

  • 05 Juni 2022 15:52:28
  • Views: 15

Minggu, 5 Juni 2022 - 13:59 WIB

VIVA – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo, mengapresiasi pelaksanaan Jakarta e-Pix 2022 (Formula E) yang berjalan aman dan lancar.

Bamsoet, sapaan Bambang Soesatyo, menuturkan dalam perhelatan Formula E yang dilaksanakan di Jakarta International e-Prix Circuit tidak terdapat satupun masalah yang timbul. Di mana acara itu juga turut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Alhamdulillah, Jakarta e-Prix 2022 berlangsung mulus tanpa ada kendala apapun. Menyusul kesuksesan Indonesia menggelar MotoGP di Mandalika, bulan Maret 2022 lalu. Keberhasilan tersebut menunjukan bahwa Indonesia siap menggelar berbagai kejuaraan balap Internasional, kata Bamsoet dari keterangan, Minggu, 5 Juni 2022.

Ketua

Ketua IMI, Bambang Soesatyo (tengah)

Melalui kesuksesan perhelatan tersebut, Bamsoet optimis ajang balap mobil listrik ke depannya akan semakin digemari oleh para pecinta otomotif di Indonesia. Hal itu juga sejalan dengan program pemerintah dalam program migrasi mobil berbahan bakar fosil (BBM) ke kendaraan listrik.

Potensi pengembangan kendaraan listrik di Indonesia sangat menjanjikan. Dalam road map pengembangan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai yang disusun Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, potensi sepeda motor listrik pada tahun 2030 diproyeksikan mencapai 13 juta unit, sedangkan mobil listrik mencapai 2,2 juta unit, ujarnya.

Adapun dengan penggunaan energi listrik sebagai pengganti BBM, menurut dia, akan mengurangi konsumsi BBM dan beban subsidi yang harus ditanggung negara. Karena sejak 2014-2019, jumlah subsidi BBM mencapai Rp700 triliun. Sedangkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), subsidi BBM jenis tertentu mencapai Rp16,6 triliun.


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1481702-formula-e-sukses-bamsoet-dorong-migrasi-kendaraan-bbm-ke-listrik?terbaru=3

Sumber: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1481702-formula-e-sukses-bamsoet-dorong-migrasi-kendaraan-bbm-ke-listrik?terbaru=3
Tokoh





Graph

Extracted

persons Bambang Soesatyo, joko widodo,
companies ADA,
ministries Kementerian ESDM, MPR RI,
parties Golkar,
topics APBN, Listrik, Subsisdi BBM,
events MotoGP,
products kendaraan listrik,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
transportations mobil listrik, sepeda, Sepeda Motor Listrik,