Pelabuhan Sanur Bali Rampung September 2022, Bisa Dukung KTT G20

  • 05 Juni 2022 12:59:35
  • Views: 12

Perlu diketahui, Kemenhub telah memulai pembangunan Pelabuhan Sanur sejak Desember 2020 yang meliputi pekerjaan jasa konsultansi dan pekerjaan konstruksi (fisik). Pembangunan dilakukan dalam periode tahun anggaran jamak (multiyears) 2020-2022, yang bersumber dari APBN Kemenhub dengan total anggaran Rp 398 miliar.

Selain Pelabuhan Sanur, Kemenhub juga membangun dua pelabuhan lainnya yaitu Bias Munjul dan Sampalan, untuk menghubungkan kawasan yang dikenal dengan sebutan Segitiga Emas yaitu Sanur, Nusa Penida, dan Nusa Ceningan.

Tak Punya Dermaga

Kondisi sebelumnya, ketiga pelabuhan ini tidak memiliki dermaga, sehingga penumpang yang naik turun kapal harus turun ke air dengan kondisi basah. Dengan pembangunan dermaga, terminal penumpang dan fasilitas lainnya, diharapkan dapat meningkatkan keselamatan dan kenyamanan para penumpang.

Dalam kesempatan tersebut, Menhub juga meninjau Terminal Kedatangan Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai untuk memastikan kesiapan fasilitas Bandara jelang KTT G20 pada bulan Oktober- November 2022.

Turut hadir dalam peninjauan, Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara, Sesditjen Perhubungan Laut Arif Toha, serta perwakilan dari Hutama Karya, SBS, dan Virama KSO selaku pelaksana pekerjaan konstruksi (fisik).


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4978622/pelabuhan-sanur-bali-rampung-september-2022-bisa-dukung-ktt-g20

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4978622/pelabuhan-sanur-bali-rampung-september-2022-bisa-dukung-ktt-g20
Tokoh



Graph

Extracted

persons I Gusti Ngurah Jaya Negara,
companies SBS,
ministries Kemenhub,
topics APBN,
products emas,
cities Denpasar, Munjul,