Final French Open 2022: Rafael Nadal vs Casper Ruud, Duel Spesial Idola vs Murid

  • 05 Juni 2022 12:04:57
  • Views: 12

TEMPO.CO, Jakarta - Jadwal turnamen French Open 2022 akan memasuki babak final sektor tunggal putra. Rafael Nadal dan Casper Ruud akan bersaing menjadi juara dalam partai puncak di Roland Garros, Ahad malam, 5 Juni 2022.

Duel keduanya dijadwalkan berlangsung mulai 20.00 WIB. Kedua petenis mengejar torehan spesialnya masing-masing.

Rafael Nadal, 36 tahun, bakal tercatat sebagai petenis tertua yang memenangi French Open bila menang. Final besok akan menjadi yang ke-14 bagi Nadal di Roland Garros atau final ke-30 pada seluruh turnamen Grand Slam yang diikutinya.

Apabila dia menang, maka Nadal akan menajamkan rekor sebagai pengoleksi gelar Grand Slam terbanyak. Ia akan meraih 22 torfi, yang 14 gelar di antaranya didapat di French Open, 17 tahun berlalu sejak kemenangannya dalam debutnya di Paris.

Bagi Nadal keberhasilan lolos ke final sedikit di luar dugaan. Ia datang ke Paris dalam kondisi cedera kronis pada kaki kirinya. Cedera itu sempat kambuh pada beberapa turnamen yang diikuti Nadal sebelum French Open.

Cedera membuat Nadal hanya mampu melaju sampai pada perempat final ATP Masters 1000 Madrid dan babak ketiga Roma Masters, setelah absen di Monte Carlo Masters dan ATP 500 Barcelona.

Kondisi tersebut lantas sempat memunculkan pertanyaan besar tentang kemungkinan Nadal turun di Roland Garros tahun ini.

“Saya lebih memilih kalah di final ketimbang harus kehilangan kaki saya, ungkap Nadal yang juga mengakui bahwa setiap pertandingan yang dimainkan di Roland Garros mungkin menjadi pertandingan terakhir, seperti dikutip dari AFP, Sabtu.

Terlepas dari ketakutan dan kekhawatiran yang dirasakan, Nadal yang dijuluki sebagai King of Clay itu secara mengesankan telah berjuang mematahkan segala asumsi dan ketidakmungkinan untuk melaju ke pertandingan perebutan gelar juara di Roland Garros.

Sebelum ke final, Nadal telah melalui tantangan berat sejak babak keempat. Dia harus melalui pertandingan lima set yang melelahkan melawan Felix Auger-Aliassime, serta rival utamanya, Novak Djokovic, pada babak perempat final dalam laga yang berlangsung masing-masing selama lebih dari empat jam.

Tak berhenti sampa di situ, giliran Alexander Zverev yang kemudian memaksanya bermain sekuat tenaga selama tiga jam di babak semifinal sebelum petenis peringkat tiga dunia asal Jerman itu memutuskan untuk mundur dari pertandingan karena cedera.

Dengan kemenangan atas Zverev, Nadal makin memperpanjang catatan rekornya di French Open menjadi 111 menang dan hanya tiga kali kalah, dengan Djokovic bertanggung jawab atas dua kekalahan tersebut.

Nadal baru berusia 19 tahun ketika ia memenangi French Open pertamanya pada 2005. Dan hingga kini dia sama sekali belum pernah terkalahkan dalam seluruh laga final yang dia mainkan di Roland Garros.

Selanjutnya: Idola vs Murid


https://sport.tempo.co/read/1598508/final-french-open-2022-rafael-nadal-vs-casper-ruud-duel-spesial-idola-vs-murid

Sumber: https://sport.tempo.co/read/1598508/final-french-open-2022-rafael-nadal-vs-casper-ruud-duel-spesial-idola-vs-murid
Tokoh









Graph

Extracted

persons Alexander Zverev, Casper Ruud, Novak Djokovic, Rafael Nadal,
companies Reuters,
nations Jerman,
places DKI Jakarta,
cities Paris, Roma,
sportclubs Barcelona,