Penonton Asing Bergembira di Formula E Jakarta, dari Yunani hingga Skotlandia

  • 05 Juni 2022 10:03:52
  • Views: 10

TEMPO.CO, Jakarta - Ajang Jakarta E-Prix 2022 atau Formula E Jakarta tidak hanya disambut antusias oleh warga Indonesia, tapi juga Warga Negara Asing (WNA).

Salah satu yang menonton adalah Harry, WNA asal Yunani yang menetap di Bali. Dia mengaku sengaja datang ke Jakarta untuk menyaksikan langsung turnamen balap mobil listrik di Jakarta International E-prix Circuit.

Bagi Harry menyaksikan ajang balap mobil menjadi pengalaman baru. Ia mengaku, tidak tahu banyak tentang profil pembalap yang berlaga dalam ajang tersebut. Namun, dirinya mendukung pengendara dari tim Mercedes-EQ Formula E Team.

“Saya sangat antusias sekali. Selama ini saya lebih sering menonton Formula 1. Buat saya, mengapa tidak mencoba pengalaman menonton Formula E, ujarnya seperti dikutip Tempo dari keterangan tertulis Premprov DKI Jakarta, Sabtu, 4 Juni 2022.

Harry menjelaskan bahwa Jakarta E-Prix 2022 menjadi komitmen bersama masyarakat dunia untuk memperbaiki kualitas lingkungan. Hal tersebut dinilai sebagai sebuah gerakan untuk menjadikan ramah lingkungan sebagai gaya hidup. “Kami memperbaiki lingkungan dan ini seperti sebuah gerakan, katanya.

Hal senada juga disampaikan Matt, WNA asal Skotlandia. Pria ini menjagokan pembalap dari tim Mercedez-Benz EQ Formula E, Stoffel Vandoorne. Dia mengaku telah mengikuti karir balap Vandoorne saat menjadi pembalap Formula 1. Dua mengatakan bahwa hal ini menjadi pengalaman pertama kali menyaksikan Formula E.

Sebelumnya saya menyaksikan Formula 1 di Singapura. Saya sangat menjagokan Vandoorne. Saya tahu dia pernah di Formula 1 lalu ke Formula E, tutur dia.

Matt menilai, Formula E merupakan momentum kampanye mobil listrik dan pengurangan emisi karbon. Ajang balap mobil listrik ini memberi pesan bahwa dunia memasuki babak baru. Di mana mobilitas tidak lagi menggunakan bahan-bahan yang menyisakan polusi. “Saya pikir begitulah seharusnya dan setiap olahraga harus lebih ramah lingkungan, katanya.

Sementara itu, Cinthya, WNA asal Belanda mengaku telah mengagendakan khusus untuk menyaksikan gelaran Formula E sambil menunggu waktu liburan di DKI Jakarta. Wanita yang memiliki darah keturunan Indonesia dari ibunya ini mendukung seluruh pembalap yang berasal dari Belanda.

Alasan mengapa saya di sini. Sambil mengenang waktu saya tinggal di Jakarta dulu, walaupun sekarang keluarga saya di Belanda. Saya berharap semua pembalap Belanda menang, ujar dia.

Pada momen balapan Formula E Jakarta ini, Cinthya berpesan perlunya komitmen dan mengajak masyarakat untuk melakukan aksi adaptasi terhadap perubahan iklim. “Ayo kita lakukan banyak hal untuk menyelamatkan lingkungan. Salah satunya beralih dari mobil berbahan bakar bensin menjadi mobil bermesin listrik, tutur dia.

Baca juga: Masyarakat Antusias Saksikan Formula E, Anies Baswedan: 60.000 Penonton


https://metro.tempo.co/read/1598484/penonton-asing-bergembira-di-formula-e-jakarta-dari-yunani-hingga-skotlandia

Sumber: https://metro.tempo.co/read/1598484/penonton-asing-bergembira-di-formula-e-jakarta-dari-yunani-hingga-skotlandia
Tokoh







Graph

Extracted

persons Anies Baswedan, Evans, joko widodo,
topics Listrik,
events Formula 1,
nations Belanda, Indonesia, Singapura, Yunani,
places DKI Jakarta,
transportations mobil listrik,