Analisis Pakar soal Kehadiran Puan di Antara Jokowi-Anies Saat Formula E

  • 05 Juni 2022 09:24:22
  • Views: 7

Jakarta -

Ketua DPR Puan Maharani hadir dan duduk di antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menonton Formula E. Direktur Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno punya analisis sendiri soal kehadiran Puan di antara Jokowi dan Anies.

Adi awalnya bicara soal kehadiran Jokowi bisa menetralisir keadaan. Dia mengatakan Jokowi kerap dihadap-hadapkan dengan Anies oleh buzzer.

Menetralisir keadaan. Minimal dunia perbuzzeran tak lagi menghadap-hadapkan Jokowi dan Anies, kata Adi saat dihubungi, Sabtu (4/6/2022).

Di dunia perbuzzeran Presiden diposisikan dalam kondisi dilematis. Satu sisi Jokowi dipersepsikan berjarak dengan Anies, tapi sisi yang lainnya Presiden tak punya pilihan harus hadir di tengah hajatan internasional karena ini menyangkut wajah Indonesia di mata Internasional. Yang galau akut para buzzer karena jagoan mereka bisa bersama dalam satu panggung, sambungnya.

DirekturDirektur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno. Foto: Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno (Dok: Istimewa)

Meski begitu, Adi mengatakan kehadiran Jokowi hanya bisa meredam problem politik antara Jokowi dan Anies di depan publik. Menurutnya, Jokowi akan tetap berjarak dengan Anies usai acara.

Di panggung belakang, secara politik semua tahu antara Jokowi dan Anies ada problem politik. Kedua sangat berjarak. Itu tak bisa dipungkiri. Tapi di panggung depan dua tokoh ini harus terlihat harmoni dan mesra. Yang selesai itu panggung depannya saja. Tapi panggung belakang sangat sulit, tuturnya.

Simak analisis soal Puan di halaman berikutnya.


https://news.detik.com/berita/d-6111054/analisis-pakar-soal-kehadiran-puan-di-antara-jokowi-anies-saat-formula-e

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6111054/analisis-pakar-soal-kehadiran-puan-di-antara-jokowi-anies-saat-formula-e
Tokoh









Graph

Extracted

persons Adi Prayitno, Anies Baswedan, joko widodo, Puan Maharani,
companies ADA,
ministries DPR RI,
ngos Buzzer, Parameter Politik Indonesia,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Ancol,