Geliat Inovatif Kawasan Bahagia Taman Mahoni Kendalfornia Sekaran Lamongan

  • 04 Juni 2022 20:24:25
  • Views: 13

Lamongan (beritajatim.com) – Kabupaten Lamongan memiliki cukup potensi wisata dan ekonomi kreatif yang bisa dikembangkan. Inovasi menjadi kunci kesuksesan untuk mendapatkan manfaat optimal dari wisata.

google.com, pub-9591068673925608, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Ini ditunjukkan warga Desa Kendal, Kecamatan Sekaran. Mereka membuat terobosan mengubah bantaran Sungai Bengawan Solo menjadi destinasi wisata dan ekonomi kreatif yang menguntungkan bernama Kendalfornia (Kendal For Indonesia).

Dengan keberadaan Taman Mahoni, Kendal kini telah menjelma menjadi desa maju dengan segudang prestasi. Wajar jika desa ini banyak dikunjungi oleh banyak kalangan, mulai dari pejabat tingkat daerah hingga kementerian.

Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Prof Lutfia Nur Laili mengatakan bahwa Taman Mahoni merupakan kawasan yang luar biasa dan bisa menjadi ikon desa bahkan ikon Kabupaten Lamongan.

“Taman Mahoni Kendalfornia ini luar biasa. Tidak hanya sekadar menyuguhkan panorama alamnya yang asri, namun juga menyediakan fasilitas edukasi, sarana pendidikan literasi. Kami yakin hal ini mampu menggerakkan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ujar Prof Lutfia saat berkunjung ke Taman Mahoni bersama Kordinator TA P3MD Lamongan, Iskandar NH dan Kordinator Pendamping Kecamatan Sekaran, Afan Zubaidi.

Tak cukup itu, Prof Lutfia juga menyampaikan apresiasinya atas inovasi yang dilakukan Desa Kendal melalui pemanfaatan Dana Desanya. Sehingga ia berharap, nantinya Taman Mahoni ini juga benar-benar membangkitkan produktifitas ekonomi kreatif UMKM di lingkungannya.

“Kami sangat mengapresiasi dan mendukung atas inovasi yang telah dilakukan Desa Kendal. Desa ini menjadi contoh bagaimana desa melalui BUMDesa-nya mampu berinovasi dan memfasilitasi perekonomian, kebutuhan, atau usaha-usaha dari warga desanya. Semoga bisa ditingkatkan dan lebih bergeliat lagi, terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kendal, Rois Purwo Nugroho menyampaikan bahwa Desa Kendal adalah salah satu desa dengan kategori desa maju, yang telah meraih beberapa prestasi.

“Desa Kendal ini menjadi juara 1 Program Desa Kepintar tingkat Kabupaten, dengan dua kategori, yakni pengembangan pariwisata seni budaya dan olahraga, serta pengembangan pendidikan literasi dan kearsipan, kata Rois Purwo saat dihubungi beritajatim, Sabtu (4/6/2022).

Selain itu, Kades Rois menambahkan, Desa Kendal juga aktif dalam melakukan pengelolaan lingkungan hidup, baik LGC (Lamongan Green and Clean), program kampung iklim dan asuhan mandiri. “Desa kendal adalah desa yang sedang dan terus berproses menatap potensi desa yang ada, imbuhnya

Lebih lanjut mengenai Taman Mahoni Kendalfornia, Rois menjelaskan, bahwa taman ini dulunya merupakan kawasan yang ditumbuhi rumput liar dan semak belukar. Namun berkat perjuangan dari seluruh elemen masyarakat setempat dan pemanfaatan dana desa, kini lokasi ini mampu disulap menjadi kawasan bahagia.

“Tempat ini dulunya sering dibuat untuk hal-hal yang kurang tepat. Alhamdulillah hari ini mampu dimanfaatkan untuk kegiatan edukasi, peningkatan minat baca, olahraga dan media belajar bagi anak-anak muda. Di sini juga ada sekolah alamnya, serta ada berbagai kegiatan yang bersifat pembangunan SDM, termasuk arena untuk event motorcross, tuturnya.

Kades Rois juga menyebut, di kawasan ini banyak berbagai produk UMKM yang disuguhkan. Bahkan, imbuhnya, akan ada penambahan sejumlah fasilitas di kawasan ini, sehingga diharapkan mampu meningkatkan pendapatan desa dan kesejahteraan masyarakat.

“Harapannya memang ini bisa menjadi solusi bangkitnya perekonomian masyarakat di masa pandemi, bagaimana UMKM juga bisa lebih bergeliat. Ke depan kita juga menyediakan sarana edukasi untuk pola pertanian, di mana sasarannya anak-anak kecil. Kita juga berkolaborasi dengan perairan untuk proses penyulingan air. Sehingga kawasan ini tidak hanya jadi tempat rekreasi tapi juga bisa jadi media belajar mengenai pertanian dan lain-lain, jelasnya.

Seperti diketahui, Desa Kendal adalah desa yang terletak paling ujung barat dari Kabupaten Lamongan. Secara administrasi desa ini masuk Kecamatan Sekaran, yang memiliki luas sekitar 250 hektar. Tercatat, di desa ini ada 637 KK (kepala keluarga), 10 RT dan 2 RW, dengan jumlah penduduk sebanyak 1.915 jiwa. [riq/beq]


https://beritajatim.com/peristiwa/geliat-inovatif-kawasan-bahagia-taman-mahoni-kendalfornia-sekaran-lamongan/

Sumber: https://beritajatim.com/peristiwa/geliat-inovatif-kawasan-bahagia-taman-mahoni-kendalfornia-sekaran-lamongan/
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Dana, Google,
topics Dana desa,
fasums sungai Bengawan Solo,
products UMKM,
nations Indonesia,
places JAWA TENGAH, JAWA TIMUR,
cities Kendal, Lamongan, Solo,
musicclubs iKON,