Kasus Suap Haryadi Suyuti, Cerita Warga Yogya Soal Tembok Apartemen 40 Meter

  • 04 Juni 2022 20:03:23
  • Views: 10

TEMPO.CO, Yogyakarta - Kasus suap izin mendirikan bangunan Apartemen Royal Kedhaton yang melibatkan eks Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti menguak cerita tentang warga Kampung Kemetiran Lor Pringgokusuman tentang rencana pembangunan itu.

Warga kampung Kemetiran Lor Pringgokusuman Kecamatan Gedhong Tengen Kota Yogyakarta masih mengingat jelas perdebatan mereka dengan pengembang Apartemen Royal Kedhaton.

Haryadi kini sudah dicokok Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK selaku penerima suap bersama Vice President Real Estate PT Summarecon Tbk, Oon Nusihono selaku pemberi suap.

Saat perkenalan, Pak Oon kami tanya, kalau tinggi dinding apartemen Royal Kedhaton itu 40 meter, warga di sini nanti hanya bisa melihat matahari saat jam 12 siang saja, mereka lalu tertawa, kata Suwasi Adi, 52, warga Kampung Kemeterian Lor, yang rumahnya di belakang calon apartemen itu, saat ditemui pada Jumat, 3 Juni 2022.

Adi yang juga bekas Ketua RT kampung di barat Jalan Malioboro itu menambahkan, pertanyaan soal tinggi apartemen itu diajukan karena jaraknya dengan permukiman warga hanya dipisahkan jalan setapak kurang lebih 1,5 meter saja.

Jadi kami bilang, kalau mau membangun, harus jelas dulu kompensasi untuk warga terdampak sebelum, saat, dan setelah pembangunan dilakukan, kata Adi.

Tapi, kata Adi, mereka malah ditertawakan. Padahal soal tinggi bangunan itu juga ada aturannya, bahkan mendapatkan sinar matahari pun hak warga, kata Adi.

Lahan calon Apartemen Royal Kedhaton menempati areal strategis di persimpangan jalan, sekitar 500 meter di barat Jalan Malioboro. Dengan luas hampir 6.000 meter persegi, lahan itu disiapkan Real Estate PT Summarecon Tbk untuk bangunan kombinasi.

Yang bagian bawah seperti supermarket, lalu atasnya hotel dan bagian paling atas apartemen, total 14 lantai, kata Adi.

Cerita soal lahan...


https://nasional.tempo.co/read/1598379/kasus-suap-haryadi-suyuti-cerita-warga-yogya-soal-tembok-apartemen-40-meter

Sumber: https://nasional.tempo.co/read/1598379/kasus-suap-haryadi-suyuti-cerita-warga-yogya-soal-tembok-apartemen-40-meter
Tokoh



Graph

Extracted

persons Haryadi Suyuti,
companies ADA,
ministries KPK,
fasums Malioboro,
places DI YOGYAKARTA,
cities Yogyakarta,
cases kasus suap, korupsi,