Hotel di Bogor Kebakaran, Api Diduga Berasal dari Kabel Plafon

  • 04 Juni 2022 19:24:12
  • Views: 5

Bogor -

Api kebakaran di Hotel The Mirah yang terletak di Jl Pangrango, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, telah padam. Pemadam kebakaran (damkar) menduga kebakaran disebabkan karena adanya kabel yang terbakar di plafon.

Jadi diduga asap itu berasal dari plafon. Jadi ada kabel yang terbakar dari plafon lantai 1, kemudian plafon terbakar. Sehingga api merembet ke bawah ke ruang makan, kata Kabid Pemadam dan Penyelamatan Damkar Kota Bogor Ade Nugraha kepada wartawan, Sabtu (4/6/2022).

Saat tiba di lokasi kebakaran, lanjut Ade, lantai 1 hotel telah dipenuhi asap. Damkar mengerahkan lima Unit mobil untuk memadamkan api.

Ade menyebut sprinkle atau alarm kebakaran diduga tidak berfungsi dengan baik. Karena pusat api berada di atas plafon, sedangkan sprinkle berada di bawah plafon.

Ini ada di bawah (sprinkle), hanya memang mungkin karena sebetulnya tadi api itu terkonsentrasi di dalam plafon. Jadi di situ mungkin ada kabel yang terbakar, banyak kabel di situ. Jadi yang keluar hanya asap saja. Tetapi apinya itu di dalam plafon. Sedangkan posisi sprinkle itu kan di dalam plafon, jelasnya.

Ade menyebut api cukup besar. Sehingga bisa membuat plafon tidak kuat dan rubuh.

Itu yang menyebabkan api merembet setelah plafon jatuh ke bawah. Tapi pasti api itu tadinya terkonsentrasi di dalam plafon. Karena ketahan sama plafon, dia di situ hanya asap saja yang keluar. Ini makanya banyak asap di ruangan, bebernya.

Jadi ketika plafon nggak tahan panas, dia roboh ke bawah akhirnya apinya merembet ke bawah gitu. Ke ruangan makan yang ada di situ, tambah Ade.

Sempat ada satu petugas hotel yang mengalami sesak nafas akibat menghirup asap. Namun, kini kondisinya telah membaik.

(rfs/rfs)

https://news.detik.com/berita/d-6110593/hotel-di-bogor-kebakaran-api-diduga-berasal-dari-kabel-plafon

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6110593/hotel-di-bogor-kebakaran-api-diduga-berasal-dari-kabel-plafon
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
organizations API,
places JAWA BARAT,
cities Bogor,
cases kebakaran,