Akibat Wabah PMK pada Ternak, Harga Kebutuhan Pokok Naik Drastis

  • 04 Juni 2022 18:31:41
  • Views: 11

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Tingginya harga bahan pokok di Kota Surabaya disebut sebagai imbas dari penyebaran wabah PMK atau penyakit mulut dan kuku. Beberapa harga bapok yang naik adalah ayam, cabai, dan sayur mayur.

Kepala Bidang (Kabid) Distribusi Perdagangan, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (Dinkopdag) Surabaya Devie Afrianto menjelaskan, kebutuhan telur tinggi sebagai substitusi daging. Harga bapok naik. Kemudian telur naik itu karena kebutuhan tinggi jadi memang telur protein bisa jadi substitusi daging ayam dan sapi, kata Devie, Jumat (3/6).

Selain telur, Devie mencatat harga daging ayam juga meningkat. Menurut dia, daging ayam naik karena warga mencari opsi lain selain daging sapi.

Ini imbas dari PMK. Jadi pola pembelian berbeda. Banyak beralih ke telur, tegas Devie.

Untuk peningkatan sayur mayur, pihaknya akan bekerja sama dengan dinas pertanian yang memiliki akses ke petani. Kemudian, pihaknya akan mencari jalan keluar supaya harga sayur mayur tidak terlalu tinggi.

Yang ditegaskan itu harga bergerak naik. Tapi kan pasokan lancar jadi 2 minggu terakhir terpantau di pasar apakah pasokan mudah atau konsumen tetap beli normal. Semua beli normal naik itu konsekuensi tapi nggak sampai panic buying dan beli di luar siklus belanja normal mereka, papar Devie.

Dia berjanji menggelar operasi pasar secepatnya. Namun, kini operasi pasar akan digelar dengan menyasar pedagang. Sehingga lebih tepat sasaran.


https://fajar.co.id/2022/06/03/akibat-wabah-pmk-pada-ternak-harga-kebutuhan-pokok-naik-drastis/

Sumber: https://fajar.co.id/2022/06/03/akibat-wabah-pmk-pada-ternak-harga-kebutuhan-pokok-naik-drastis/
Tokoh

Graph

Extracted

products daging, protein, sembako,
places DKI Jakarta, JAWA TIMUR,
cities Surabaya,
animals Ayam, Sapi,
plants Cabai,