Kereta Api Makassar-Parepare Beroperasi Tahun Ini, Ini Penjelasan Bos KAI

  • 04 Juni 2022 18:07:49
  • Views: 15

IDXChannel - Kementerian Perhubungan akan mengoperasikan kereta api (KA) Makassar - Parepare tahap I pada 2022. Kereta api yang akan dioperasikan ini menghubungkan Marros - Barru sepanjang 71 km. 

Direktur Utama PT KAI (Persero), Didiek Hartantyo mengatakan pihaknya segera melakukan kajian dan evaluasi yang diperlukan untuk memastikan kereta api dapat beroperasi baik dari segi angkutan penumpang dan barang. 

“Rencana pengoperasian KA tersebut, KAI segera bekerjasama dengan Universitas Hasanuddin (Unhas) untuk melakukan kajian atau studi dan seluruh evaluasi yang diperlukan untuk memastikan kereta api ini dapat beroperasi secara sustainable di Makassar baik dari segi angkutan penumpang maupun barang, kata Didiek, Sabtu (4/6/2022).

Didiek berharap kajian yang akan dilakukan ini dapat segera direalisasikan. Setelahnya, tim bisa mengambil langkah strategis yang diperlukan.

Saat ini KAI menggandeng Universitas Hasanuddin. Didiek mengatakan, kolaborasi KAI dengan Unhas penting dilakukan dikarenakan Unhas merupakan stakeholder perkeretaapian di bidang akademika yang dibutuhkan KAI untuk membangun ekosistem baru. 

Dahulu, transportasi KA di Sulawesi Selatan sudah ada pada tahun 1923. Jalur sepanjang 47 km rute Pasarbutung - Takalar dioperasikan oleh Staatstramwegen op Celebes (STC) yang merupakan operator KA Hindia Belanda. Namun jalur tersebut diberhentikan operasionalnya pada 1930 karena adanya krisis ekonomi yang melanda dunia.

Rektor Unhas, Jamaluddin Jompa menuturkan kerja sama Unhas dan KAI merupakan bentuk perhatian dan dukungan serius terhadap perkembangan proyek pembangunan kereta api di Sulawesi Selatan.  


https://www.idxchannel.com/economics/kereta-api-makassar-parepare-beroperasi-tahun-ini-ini-penjelasan-bos-kai

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/kereta-api-makassar-parepare-beroperasi-tahun-ini-ini-penjelasan-bos-kai
Tokoh









Graph

Extracted

persons Didiek Hartantyo, Hindia, Jamaluddin, Kai,
companies ADA, MNC,
ministries Kemenhub, Kementerian Perhubungan,
organizations API,
institutions Universitas Hasanuddin,
topics BOS,
nations Belanda,
places SULAWESI SELATAN,
cities Parepare,