KPK Sudah OTT 6 Kepala Daerah di 2022, Pengamat Sebut Kepemimpinan Firli Bahuri Positif Bagi Jokowi

  • 04 Juni 2022 17:41:52
  • Views: 11

POJOKSATU.id, JAKARTA— Kinerja KPK di bawah kepemimpinan Firli Bahuri dinilai efektif. Sepanjang 2022 tercatat sudah 6 kepala daerah yang ditangkap dan dijerat pasal tindak pidana korupsi.


Yang terbaru, KPK melakukan OTT terhadap mantan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti yang baru purnatugas 22 Mei lalu. Penangkapan diduga terkait dengan suap izin mendirikan bangunan (IMB) salah satu apartemen.

Pengamat dan Praktisi Hukum, Ralian Jawalsen menilai KPK di bawah kepemimpinan Firli terbukti bekerja profesional dan independen.

“Selamat kepada KPK. Ini membuktikan KPK bekerja profesional, independen, serta layak dipercaya masyarakat, kata Ralian Jawalsen kepada wartawan, Sabtu (4/6).


Ralian menuturkan, penangkapan Haryadi menunjukkan lingkungan pemerintah daerah Yogyakarta tidaklah steril dari korupsi, sebagaimana dikesankan selama ini.

Menurut Ralian, meski selama ini kepemimpinannya Pemda Yogyakarta langganan meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK, juga mencapai skor tertinggi kedua MCP (Monitoring Center for Prevention) se-provinsi dari KPK. Namun semua itu tak menjamin bebas korupsi.

Selain itu, kata dia, dalam OTT tersebut KPK juga membuktikan profesionalnya dengan tidak terpaku pada indikator ukuran WTP dan MCP tersebut.

“Di sini sekali lagi profesionalisme KPK teruji, tidak terpaku pada indikator ukuran tersebut, tidak terpengaruh opini, dalam upaya menindak korupsi, ujarnya.

Ralian juga menilai, ada perbedaan strategi pemberantasan korupsi era Firli dengan komisioner KPK sebelumnya.

Pada era Firli, KPK tampak menempatkan diri dalam kerangka sistemik pemberantasan korupsi bersama dengan lembaga penegak hukum lain.

Dengan posisi itu, lanjutnya, keberadaan KPK dan lembaga lain saling menguatkan, tidak saling mengamputasi atau mengubur peran dan reputasi masing-masing.

“Jadi jangan lagi dibaca prestasi KPK berarti kuburan bagi kejaksaan atau kepolisian, atau prestasi kejaksaan berarti pukulan bagi KPK, ini tidak fair, tandas Ralian.

Karena itu, kata dia, dengan adanya kerja sama yang baik antara KPK, Kejaksaan, dan Kepolisian, kerja pemberantasan korupsi semakin efektif hingga ke daerah-daerah.

“Ini salah satu hasil kepemimpinan ketua KPK sekarang. Dan ujungnya, semua ini berkontribusi menjaga kepercayaan publik terhadap pemerintahan Jokowi dalam penegakan hukum, pungkas aktivis 1998 ini.

Seperti diberitakan, KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Yogyakarta, Kamis (2/6) yang lalu.

Sebanyak 9 orang diamankan termasuk mantan Wali Kota Yogyakarta. KPK juga mengamankan sejumlah dokumen dan mata uang asing dalam bentuk dollar Amerika Serikat.

Sehingga KPK Sudah OTT 6 Kepala Daerah sepanjang 2022 ini. (fir/pojoksatu)


https://pojoksatu.id/news/berita-nasional/2022/06/04/kpk-sudah-ott-6-kepala-daerah-di-2022-pengamat-sebut-kepemimpinan-firli-bahuri-positif-bagi-jokowi/

Sumber: https://pojoksatu.id/news/berita-nasional/2022/06/04/kpk-sudah-ott-6-kepala-daerah-di-2022-pengamat-sebut-kepemimpinan-firli-bahuri-positif-bagi-jokowi/
Tokoh







Graph

Extracted

persons Firli Bahuri, Haryadi Suyuti, joko widodo,
companies ADA,
ministries BPK, Kejaksaan, KPK, Polisi,
topics OTT KPK,
nations Amerika Serikat,
places DI YOGYAKARTA, DKI Jakarta,
cities Yogyakarta,
cases korupsi, Tipikor,