Timor Leste Disambangi China, Pererat Kerjasama Ekonomi?

  • 04 Juni 2022 14:47:22
  • Views: 1

AKURAT.CO, Kementerian Luar Negeri China melakukan penandatanganan perjanjian dengan Timor Leste tentang kerja sama ekonomi dan medis, penandatanganan ini langsung meningkatkan hubungan antara Beijing dan Timor Leste sebagai negara termuda di kawasan Asia Tenggara.

Mengutip Channel News Asia, Jumat (3/6/2022), Wang Yi bertemu dengan diplomat top Timor Leste bernama Lorosa'e Adaljiza Magno di Ibukota Dili pada saat upacara penandatanganan. Mereka setidaknya mengesahkan perjanjian mengenai pertanian, kemitraan media, kerjasama ekonomi dan teknis.

Kedua negara juga sepakat untuk mengirim tim medis China ke Timor Leste sebagai bagian dari kerjasama tersebut.

baca juga:

Hubungan dekat yang dibangun Timor Leste dan China sangat penting, tambahnya merujuk pada peran penting China dalam membantu negaranya bergabung dengan blok regional ASEAN.

Kemitraan dengan China menjadi sesuatu yang diprioritaskan oleh Presiden Timor Leste terpilih, Jose Ramos-Horta.

Sedangkan Ramos-Horta sendiri bertekad untuk mengembangkan hubungan kedua negara untuk menyeimbangkan posisi negaranya dalam persaingan AS-China 

Ramos-Horta berjanji untuk memperluas hubungan bilateral dengan China sambil memuji Washington atas perannya dalam pengembangan infrastruktur Timor Leste.

Timor Leste merupakan bekas jajahan Portugis yang melepaskan diri dari Indonesia pada 2002. Jose Ramos-Horta dilantik sebagai presiden baru Timor Leste pada 20 Mei 2022.

Sementara hubungan Timor Leste dan China mulai mesra, AS malah menyatakan keprihatinnya atas pengaruh Beijing yang telah meluas di wilayah Pasifik Selatan, terutama di negara-negara oseania seperti Kepulauan Solomon yang di mana perjanjian keamanan telah disahkan pada awal tur delapan negara Menteri Wang Yi pekan lalu.[]


https://akurat.co/timor-leste-disambangi-china-pererat-kerjasama-ekonomi

Sumber: https://akurat.co/timor-leste-disambangi-china-pererat-kerjasama-ekonomi
Tokoh

Graph

Extracted

organizations ASEAN,
nations Indonesia, Republik Rakyat Cina, Solomon, Timor Leste,
cities Beijing, Washington,