Semakin Mirip TikTok, Reels Luncurkan Tools Baru untuk Editing Video

  • 04 Juni 2022 13:04:42
  • Views: 11

TEMPO.CO, Jakarta - Dalam unggahannya di blog pada Kamis lalu, Meta mengatakan sedang meluncurkan secara global tools kreator baru untuk aplikasi mirip TikTok miliknya, Reels, baik yang ada di Instagram maupun Facebook. Tools baru itu akan mempermudah para kreator untuk tak menggunakan TikTok untuk mengedit klip video pendek, sebaliknya mendorong orang-orang menciptakan konten orisinal menggunakan Reels.

Tim di Instagram berharap benar tujuan di atas bisa segera terealiasi. Instagram Reels kini akan memungkinkan para penggunanya meng-impor audio mereka sendiri (minimum sepanjang lima detik) dari camera roll ke video reel. Reels juga mendukung durasi video sampai 90 detik. Instagram juga banyak merilis template yang membuat penggunanya bisa mereplikasi pola reel lain yang mereka lihat dengan mudah, yang bisa membantu videonya viral lebih cepat.

Setelah peluncuran di Facebook, iOS maupun Android, pada Februari lalu, Facebook Reels sekarang tersedia pula dari PC desktop dengan tools yang sama tersedia dalam 'Creator Studio'. Creator Studio juga akan membuat lebih mudah untuk menguji beberapa format berbeda, kata Meta sambil menambahkan kreator juga akan dimampukan memotong klip video dari livestreaming ke dalam format klip 60 detik.

Sebagai tambahan dari ketersediaannya di desktop, Facebook Reels memiliki sepasang tools audio baru, yakni voiceover untuk video dan fitur SoundSync yang secara otomatis menyelaraskan setiap video ke ritme dari sebuah lagu yang dipilih. Facebook Reels juga mendukung text-to-speech dalam setiap video yang diunggah.

Cepatnya Meta menggelontorkan fitur-fitur yang mirip TikTok ini tak mengejutkan. Meta memang terus aktif membuat perubahan pada mesin dan penampilan Instagram untuk apa yang disebut CEO Instagram Adam Mosseri sebagai, Bukan lagi aplikasi berbagi foto persegi.

Namun, segera terlihat bahwa setelah Reels pertama muncul di Instagram pada 2020 kalau beberapa pekerjaan dibutuhkan untuk membangun kompetitor yang sejati. Belum lama, Instagram mulai menguji dukungan NFT dalam aplikasinya, sebuah layar penuh untuk feed, dan bahkan mencoba menghapus tab barunya dari pencarian hashtag content.

THE VERGE

Baca juga:
Google Duo dan Meet Diumumkan Akan Dilebur, Begini Jadinya


https://tekno.tempo.co/read/1598273/semakin-mirip-tiktok-reels-luncurkan-tools-baru-untuk-editing-video

Sumber: https://tekno.tempo.co/read/1598273/semakin-mirip-tiktok-reels-luncurkan-tools-baru-untuk-editing-video
Tokoh



Graph

Extracted

persons Adam Mosseri,
companies ADA, Facebook, Google, Instagram, TikTok,
topics Instagram Reels,
places DKI Jakarta,