KPK Usut Aliran Suap Sesdisdik Banten di Kasus Lahan SMKN 7 Tangsel

  • 04 Juni 2022 09:23:51
  • Views: 7

Jakarta -

KPK telah memeriksa dua saksi terkait kasus dugaan korupsi pengadaan lahan SMKN 7 Tangerang Selatan (Tangsel). KPK mengkonfirmasi kedua saksi soal aliran uang yang diterima tersangka Ardius Prihantono selaku Sesdisdikbud Banten.

Kedua saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait pendalaman dugaan aliran uang yang diterima tersangka AP (Ardius Prihantono) saat proses pengadaan tanah untuk pembangunan SMKN 7 Tangerang Selatan berjalan, kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Sabtu (4/6/2022).

Kedua saksi itu yakni pegawai Rohmat Nurkhasan dan Pekerja Lepas Dinas Pendidikan Provinsi Banten, Yadi Suardi. Keduanya diperiksa pada Kamis (2/6) di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan sebenarnya Ardius sudah ditahan oleh Kejaksaan Tinggi Banten karena terlibat perkara lain.

Informasi sudah dilakukan untuk perkara yang lain, itu sudah ditahan oleh Kejaksaan Tinggi Banten. Yang bersangkutan saat ini juga ada perkara lain, saya nggak tahu perkara apa yang ditangani kejaksaan, kata Alexander dalam konferensi persnya, Selasa (26/4).

Diketahui, KPK menetapkan tiga tersangka di kasus korupsi pengadaan lahan untuk SMKN 7 Tangsel, Banten. Selain Ardius, dua orang tersangka lainnya ialah Agus Kartono dan Farid Nurdiansyah selaku pihak swasta.

KPK melakukan penyelidikan dan meningkatkan status perkara ini ke Penyidikan pada Agustus 2021, dengan menetapkan tersangka AP (Ardius Prihantono) selaku Sekretaris Dinas Pendidikan Kebudayaan Provinsi Banten/KPA Dinas P&K; Provinsi Banten; AK (Agus Kartono) selaku pihak swasta; dan FN (Farid Nurdiansyah) sebagai pihak swasta, ujar Alex.

Selanjutnya, Agus Kartono akan ditahan di Rutan KPK Pomdam Jaya Guntur. Sementara Farid Nurdiansyah akan ditahan di Rutan KPK di Gedung Merah Putih KPK.

Keduanya akan ditahan selama 20 hari untuk proses penyidikan hingga 15 Mei 2022.

(azh/idh)

https://news.detik.com/berita/d-6109828/kpk-usut-aliran-suap-sesdisdik-banten-di-kasus-lahan-smkn-7-tangsel

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6109828/kpk-usut-aliran-suap-sesdisdik-banten-di-kasus-lahan-smkn-7-tangsel
Tokoh





Graph

Extracted

persons Alexander Marwata, Ali Fikri,
companies ADA,
ministries Kejaksaan, KPK,
organizations KPA,
fasums Gedung Merah Putih KPK,
places BANTEN, DKI Jakarta,
cities Guntur, Tangerang,
cases korupsi,