KIB Tanda Tangani Kesepakatan Politik Hari Ini, Soal Nama Capres?

  • 04 Juni 2022 05:53:50
  • Views: 7

Jakarta -

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) hari ini menggelar kegiatan bertajuk 'Silaturahmi Nasional' di kawasan Senayan, Jakarta. Parpol anggota KIB, yakni Golkar, PAN, dan PPP bakal menandatangani perjanjian politik. KIB sudah menyepakati capres yang bakal diusung di Pilpres 2024?

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menjelaskan kegiatan Silaturahmi Nasional ini merupakan ajang menunjukkan tradisi politik baru terkait pilpres. Zulkifli menyebut KIB menggagas tradisi bahwa koalisi dibentuk sebelum ada kesepakatan untuk mendukung bakal capres-cawapres tertentu.

Biasanya koalisi dipertemukan oleh kepentingan, misalnya untuk mendukung pasangan calon tertentu. Tetapi kini berbeda, kata Zulkifli dalam keterangannya, Jumat (3/6/2022).

Di koalisi yang kami bentuk ini, koalisi justru dipersiapkan untuk menjadi platform terbuka yang bisa menarik berbagai kepentingan untuk disatukan menuju tujuan bersama, imbuhnya.

Zulkifli menuturkan Pemilu 2024 harus terselenggara dengan strategi politik yang lebih bermoral dan elegan. Politikus yang kerap disapa Zulhas itu juga ingin Pemilu 2024 terselenggara dengan prinsip mengedepankan kepentingan bangsa dan negara.

Kami percaya bahwa Pemilu 2024 harus dikerjakan dengan jalan politik yang lebih bermoral, tengahan, elegan, ucap Zulhas.

Komunikasi antarsemua elemen, antarpartai politik, antarelite, harus dikerjakan dengan prinsip kesetaraan, saling merangkul, mengedepankan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi-pribadi dan golongan. sambung dia.

Lalu, apa yang akan disepakati KIB dalam Silaturahmi Nasional? Zulhas mengatakan bahwa KIB memiliki satu tujuan yang sama, dengan pengambilan keputusan yang bersifat kolektif kolegial.

Saya akan sampaikan bahwa yang kami koalisikan adalah ide, tujuan bersama, dan rasa cinta pada bangsa dan negara. Makanya koalisi ini bersifat egaliter, setara, sistemnya kolektif kolegial. pungkas Zulhas.

Silaturahmi Nasional KIB bakal digelar di Pelataran Hutan Kota, Senayan. Rencananya kegiatan tersebut dimulai pada malam hari, pukul 19.00 WIB. Para ketua umum parpol anggota KIB juga akan menyampaikan pidato politiknya.

Silaturahmi Nasional ini bakal dihadiri para pengurus masing-masing parpol anggota KIB di tingkat pusat dan provinsi, serta sejumlah tokoh nasional. Koalisi Golkar, PAN, dan PPP ini rencananya akan dilanjutkan hingga level wilayah.

(zak/isa)

https://news.detik.com/berita/d-6109721/kib-tanda-tangani-kesepakatan-politik-hari-ini-soal-nama-capres

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6109721/kib-tanda-tangani-kesepakatan-politik-hari-ini-soal-nama-capres
Tokoh



Graph

Extracted

persons Zulkifli Hasan,
companies ADA,
parties Golkar, PAN, PPP,
topics Pemilu 2024, Pilpres 2024,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Senayan,