Apa Beda Formula E dengan Formula 1?

  • 04 Juni 2022 03:03:24
  • Views: 11

TEMPO.CO, Jakarta - Ajang balap mobil listrik Formula E bakal berlangsung di Jakarta International Circuit, Ancol, Jakarta Utara, 4 Juni 2022. Ini adalah seri kesembilan pada musim 2022 setelah sebelumnya dimulai di Diriyah, Arab Saudi, pada akhir Januari. Sejumlah produsen mobil listrik yang berpartisipasi terus melakukan berbagai persiapan. 

Formula E pertama kali digelar di Beijing pada 2014 silam. Dikutip dari fiaformulae.com, salah satu misi Formula E adalah mendorong keberlanjutan kendaraan mobil bermesin listrik yang lebih ramah lingkungan. Hal ini kemudian menjadi pembeda utama dari ajang balap mobil lainnya, seperti Formula 1 (F1). Selain itu, masih ada beberapa aspek lain yang membedakan Formula E dan Formula 1.  

Dilansir Tempo dari Sport Monks, berikut perbedaan antara ajang balap mobil Formula 1 dan Formula E yang sebentar lagi mengaspal di Jakarta: 

Format Kompetisi 

Karena mobil Formula E dirancang agar lebih berkelanjutan, format balapannya pun dirancang secara berbeda. Misalnya, dalam balapan Formula 1, latihan, kualifikasi, dan balapan berlangsung selama tiga hari. Tetapi untuk mobil Formula E hanya dalam satu hari. Selain itu, pemenang ajang balapan Formula E biasanya sulit diprediksi. 

Spesifikasi Mobil 

Mengingat kapasitas mesin yang dipakai dalam Formula E dan Formula 1 berbeda, maka desain mesin dan bentuk mobil juga memiliki perbedaan. Ini dilakukan agar mobil listrik melaju dengan kecepatan maksimal. Untuk mencapai akselerasi terbaik, mobil Formula E memiliki desain yang lebih ramping serta bobot yang lebih ringan jika dibanding dengan mobil Formula 1.

Aturan Pit Stop 

Pada balapan Formula 1, pembalap diharuskan melakukan pit stop selama balapan untuk penggantian ban. Namun, tidak demikian halnya dengan balapan Formula E, di mana para pembalap dapat memilih untuk melakukan pit stop hanya ketika ban mereka rusak dan perlu diganti. Hal ini disebabkan oleh jenis ban yang digunakan dalam mobil Formula E yang dirancang khusus untuk segala cuaca dan kondisi jalan. 

Beda Sirkuit 

Mobil F1 dirancang untuk kinerja yang lebih baik. Itulah sebabnya mereka dilombakan di sirkuit yang lebih panjang, lebih lebar, lebih berliku, lebih cepat, dan lebih kompleks. Hal yang sama tidak berlaku untuk mobil Formula E karena dibuat untuk balapan di sirkuit jalanan yang lebih sempit dan lurus dengan belokan tajam.

Selain itu, Formula E menggunakan sirkuit jalan raya, supaya lebih dekat dengan penggemar dan menarik penonton untuk menyaksikan balapan. Sementara Formula 1 menggunakan sirkuit yang didesain khusus untuk balapan.

HARIS SETYAWAN 

Baca juga: Perbandingan Sponsor Formula E Jakarta dengan MotoGP Mandalika


https://otomotif.tempo.co/read/1598115/apa-beda-formula-e-dengan-formula-1

Sumber: https://otomotif.tempo.co/read/1598115/apa-beda-formula-e-dengan-formula-1
Tokoh







Graph

Extracted

persons Ahmad Sahroni, Anies Baswedan, Bambang Soesatyo,
companies ADA,
topics Listrik,
events Formula 1, MotoGP,
fasums Monas,
nations Arab Saudi,
places DKI Jakarta,
cities Ancol, Beijing,
transportations mobil listrik,