Ganjar Targetkan Penanganan Banjir Rob Pantura Selesai dalam Dua Pekan

  • 04 Juni 2022 01:34:29
  • Views: 20

Merdeka.com - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengatakan, pihaknya terus berupaya menangani banjir rob di Pantura Jateng. Ganjar menargetkan penanganan banjir rob pantura Jateng rampung dalam dua pekan ke depan.

Hari ini saya mengundang Kementerian PUPR terima kasih sudah hadir, dalam 2 minggu ini kita akan mencoba menyelesaikan civil worknya, kata di Ruang Rapat Gubernur Jateng, Kota Semarang, Jumat (2/6).

taboola

Ganjar menjelaskan, waktu kerja tersebut diputuskan berdasarkan perhitungan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Terlebih terdapat potensi gelombangi dan kenaikan permukaan air dari siklon Australia.

Kemudian, Ganjar menyebut penanganan banjir rob ini melibatkan banyak pihak. Mulai dari Kementerian PUPR, TNI-Polri, Pelindo, BPBD Jateng, Pemprov, hingga Pemda Jawa Tengah.

Dari kondisi ini lah kemudian kita rapatkan, termasuk melibatkan kawan-kawan di pemerintah kota yang daerahnya ada memang Robnya. Ada Kota Semarang, lalu Kabupaten Demak, Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, dan Batang, imbuhnya.

2 dari 2 halaman

Ganjar meminta jajaran melakukan penyisiran di area-area tanggul yang berpotensi jebol. Dia mengatakan, Dirjen Sumber Daya Air juga telah menyiapkan teknologi Geo Box.

Kita minta nanti ada yang nyisir, ada yang nyatat, dan ada yang menguatkan teknologi sudah disiapkan, yaitu Geobox yang sudah dipraktikan di beberapa pekerjaan Dirjen Sumber Daya Air ternyata lebih cepat, efektif, dan kuat, tutur Ganjar.

Pekerjaan-pekerjaan ini lah yang dalam beberapa hari ini menjadi perhatian kita sambil semua disiplin pada bidang masing-masing dan dalam 2 minggu bisa selesai, pungkasnya.

Sebelumnya, BMKG mengungkap setidaknya ada dua faktor penyebab banjir rob Pantura. Pertama, kondisi perigee dan kedua peningkatan pasang air laut bersamaan dengan gelombang tinggi. [ray]

Baca juga:
Antisipasi Gelombang Tinggi, Ini Permintaan Ganjar Pranowo
Imbas Banjir Rob, Petani Tambak Bandeng dan Udang di Pekalongan Gagal Panen
Ganjar Instruksikan Patroli di Titik Rawan Banjir Rob dan Potensi Tanggul Jebol
Ganjar Gandeng Kalangan Konsultan Bantu Penanganan Rob Pantura Jateng
Analisis Badan Geologi Penyebab Penurunan Tanah di Pantura Jateng


https://www.merdeka.com/peristiwa/ganjar-targetkan-penanganan-banjir-rob-pantura-selesai-dalam-dua-pekan.html
 

Sumber: https://www.merdeka.com/peristiwa/ganjar-targetkan-penanganan-banjir-rob-pantura-selesai-dalam-dua-pekan.html
Tokoh



Graph

Extracted

persons Ganjar Pranowo,
companies ADA,
ministries BMKG, BPBD, TNI,
topics Banjir, Banjir ob,
nations Australia,
places JAWA TENGAH,
cities Batang, Demak, Pekalongan, Semarang,