Beri Pelatihan di Banjarmasin, Sandiaga Ungkap Perizinan jadi Kendala Pelaku UMKM

  • 04 Juni 2022 01:27:32
  • Views: 14

Merdeka.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bersama Yayasan Indonesia Setara memberikan pelatihan pemberdayaan UMKM kepada para peserta di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Pelatihan ini dihadiri oleh ratusan orang terdiri pelaku UMKM emak-emak dan milenial.

Selepas pelatihan, Sandiaga menjanjikan para peserta mendapatkan pendamping khusus dan beberapa program berkelanjutan. Salah satunya dengan mempermudah perizinan mulai dari PIRT, BPOM dan merek dagang. Sebab sejauh ini, kata Sandiaga, yang menjadi kendala para pelaku UMKM adalah perizinan.

taboola

Di kesempatan berikutnya nanti kami akan melakukan langsung on the spot. Jadi nanti akan ada OSS (Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission) yang nanti akan disiapkan di sini. Jadi bagi yang mengikuti pelatihan akan langsung mengurus perizinannya. Setelah mengikuti pelatihan mereka pulang lengkap dengan perizinannya, kata Sandiaga dalam keterangannya, Jumat (3/6).

Dia meyakini, pelatihan UMKM seperti ini bisa membantu menciptakan tatanan ekonomi baru dan lapangan pekerjaan yang luas.

Saya yakin dengan bersama kita ini akan mampu untuk menata tata ekonomi baru dan membuka peluang kerja seluas-luasnya, lanjut Sandiaga.

Sandiaga mengatakan, pelatihan membuat sabun cair ini bisa menekan ongkos produksi para pelaku UMKM. Peserta yang datang ke pelatihan ini didominasi oleh para pelaku usaha kuliner. Pelatihan ini juga dimaksud untuk menambah penghasilan dan menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Saya sangat mengapresiasi dengan pelatihan ini karena sangat komplit, memberikan tambahan penghasilan juga mengurangi biaya oleh para pelaku ekonomi kreatif ini karena banyak yang bergerak di usaha kuliner maupun usaha-usaha ekonomi kreatif lainnya, ujar politisi Gerindra ini.

2 dari 2 halaman


https://www.merdeka.com/peristiwa/beri-pelatihan-di-banjarmasin-sandiaga-ungkap-perizinan-jadi-kendala-pelaku-umkm.html
 

Sumber: https://www.merdeka.com/peristiwa/beri-pelatihan-di-banjarmasin-sandiaga-ungkap-perizinan-jadi-kendala-pelaku-umkm.html
Tokoh



Graph

Extracted

persons Sandiaga Uno,
companies ADA,
ministries BPOM, kemenparekraf,
parties Gerindra,
products UMKM,
nations Indonesia,
places KALIMANTAN SELATAN,
cities Banjarmasin,