Hillary Clinton: Putin Itu Orangnya Antikritik dan Narsistik

  • 04 Juni 2022 00:31:13
  • Views: 9

Jakarta, IDN Times - Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Clinton, menyampaikan kritik yang cukup pedas terhadap Presiden Rusia, Vladimir Putin. Saat berbicara di Hay Festival pada Kamis (2/6/2022), Clinton menyebut Putin sebagai pribadi yang antikritik, terutama pada perempuan.

Hillary Clinton juga menilai Putin memiliki kepercayaan yang berlebih atas dirinya sendiri. Kepribadiannya ini membuatnya sering kali mengabaikan kritik dan saran dari orang sekitarnya.

Baca Juga: Pelajaran Berharga dari Hillary Clinton untuk Semua Wanita di Dunia

1. Pandangan Hillary Clinton terhadap Vladimir Putin

Kritik Clinton ini disampaikan berdasarkan pengamatannya langsung saat menjalin kerja sama dengan Vladimir Putin. Saat Putin masih menjadi Perdana Menteri Rusia, keduanya menjalin hubungan yang cukup baik. Namun, hubungan ini rusak saat Hillary Clinton mengkritik pemilihan umum Rusia yang membawa Putin kembali memegang jabatan Presiden Rusia.

“Putin tidak suka kritik, terutama dari perempuan. Putin kemudian menjadi sangat bermusuhan dengan saya dengan beberapa pengecualian. Seperti yang kita ketahui, walaupun ia mengatakan sebaliknya, dia berusaha sangat keras untuk membuat Donald Trump terpilih (sebagai presiden) melalui segala macam cara, dilansir dari The Guardian.

Clinton mengatakan bahwa ia juga menyaksikan secara langsung kepribadian Putin yang dinilainya narsistik. Putin dianggap mempunyai semacam kepercayaan bahwa ia mengemban takdir mulia untuk memulihkan kejayaan Kekaisaran Rusia. Kepribadian Putin ini dinilai sangat berbahaya bagi Eropa dan dunia.

2. Hillary Clinton puji Ukraina

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

HillaryIlustrasi tentara Ukraina. (twitter.com/Defence of Ukraine)

Pada kesempatan itu, Hillary Clinton juga berbicara mengenai konflik di Ukraina. Ia mengaku tidak terkejut saat mendengar kabar invasi Rusia ke Ukraina. Ia juga menyampaikan pujiannya kepada Ukraina yang mampu bertahan sejauh ini menghadapi serangan Rusia.

“Ketika dia menginvasi Ukraina, sayangnya saya tidak terkejut. Saya sangat terkejut melihat seberapa efektifnya pemerintah Volodymyr Zelenskyy dan Ukraina membela diri, kata Hillary Clinton, dilansir dari Republic World.

Baca Juga: Presiden Kroasia Sebut Sanksi Uni Eropa hanya Buat Putin Senyum

3. Sarankan pembentukan pengadilan bagi Rusia

Clinton menyarankan pembentukan pengadilan yang serupa seperti saat perang Balkan dan genosida di Rwanda. Pengadilan ini berfungsi untuk mengadili Rusia atas kejahatan perang yang dilakukannya di Ukraina.

Namun, saran ini malah menuai kritik bagi Clinton. Kritik ini disampailan saat Clinton diwawancarai oleh Helena Kennedy, salah satu aktivis HAM yang mengusut kejahatan perang di Ukraina. 

Kennedy mempertanyakan, apakah pengadilan semacam itu juga berlaku bagi kejahatan perang yang dilakukan Inggris dan Amerika Serikat dalam perang di Irak.

Itu bisa, tapi saya pikir kemungkinannya lebih kecil daripada yang dibayangkan orang, jawab Hillary Clinton, dilansir dari The Guardian.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.


https://www.idntimes.com/news/world/leo-manik/hillary-clinton-putin-itu-orangnya-antikritik-dan-narsistik-c1c2

Sumber: https://www.idntimes.com/news/world/leo-manik/hillary-clinton-putin-itu-orangnya-antikritik-dan-narsistik-c1c2
Tokoh





Graph