Warga Kembang Kuning Surabaya Sambut Baik Wacana Pemugaran Makam Mertua Sunan Ampel

  • 03 Juni 2022 19:21:47
  • Views: 9

Surabaya (beritajatim.com) – Masyarakat Kembang Kuning, Surabaya menyambut baik wacana penataan dan pemugaran Makam Ki Bang Kuning atau lebih familiar Mbah Karimah. Makam mertua Sunan Ampel yang memiliki nama asli Mbah Wirasoeroyo tersebut nantinya akan dijadikan wisata religi.

google.com, pub-9591068673925608, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Makamnya yang berlokasi di Jalan Kembang Kuning Kramat II. Lokasinya berada di tengah-tengah pemukiman penduduk. Makam tersebut berada di dalam sebuah pendopo yang berdampingan dengan sebuah musala.

Juru Kunci Makam Mbah Karimah, Joni mengatakan, dirinya merasa senang jika Pemkot Surabaya berencana melakukan pemugaran Makam Mbah Karimah agar tertata lebih bagus lagi.

Joni menceritakan, saat Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sidak ke Makam Mbah Karimah tahun lalu ketika pohon besar di makam roboh dan menimpa bangunan makam, Eri Cahyadi memerintahkan Dinas Cipta Karya untuk memugar area makam Mbah Karimah.

“Ya saya merasa senang dan bangga atas rencana Walikota Surabaya tersebut. Saat itu Pak Eri ingin Gapura pintu masuk makam diperbesar, agar mobil bisa masuk area makam, kata Joni di Surabaya, Jumat (3/6/2022).

Ia menambahkan, sebaiknya soal pemugaran Makam Mbah Karimah dibicarakan dengan Takmir Yayasan yang mengelola Makam. “Yang pasti jika Pemkot Surabaya berencana menata Makam Mbah Karimah saya senang mendengar nya, ungkap Joni.

Menanggapi hal ini, Anggota Komisi C DPRD Kota Surabaya dari Fraksi PDI Perjuangan, Sukadar mengatakan, pada saat Reses Dewan pekan lalu memang ada usulan warga di Kecamatan Sawahan, agar ada penataan Makam Mbah Karimah.

“Selama ini Makam Mbah Karimah belum tersentuh pembangunan sama sekali, padahal jika dibandingkan dengan makam-makam lain yang merupakan tokoh babat alas Surabaya, itu sudah ada pemugaran untuk mempercantik makam, kata Sukadar.

Sukadar menyebutkan beberapa makam di Surabaya telah dilakukan pemugaran menggunakan dana APBD seperti Makam Sunan Ampel, Sawunggaling, Mbah Bungkul. “Sementara untuk pemugaran Makam Mbah Karimah kan belum ada, katanya.

Untuk itu, lanjutnya, masyarakat sekitar Kembang Kuning ingin ada pemugaran Makam Mbah Karimah, karena selama ini belum tersentuh pemugaran sama sekali.

“Jadi kebijakan Pemkot Surabaya belum mengarah ke sana yaitu, penataan dan pemugaran Makam Mbah Karimah. Makanya warga ingin ada pemugaran Makam Mbah Karimah, karena yang ziarah ke makam itu tidak hanya sekitar Surabaya, seluruh Jawa Timur bahkan ada yang dari luar Jatim, tutur Sukadar.

Dia kembali mengatakan, saat acara Haul Mbah Karimah, pengunjung bisa mencapai ribuan orang, bahkan dalam haul tersebut tercipta geliat ekonomi yang menunjang para PKL, pelaku UMKM.

Usulan warga soal penataan Makam Mbah Karimah, kata Sukadar, telah disampaikan ke Bappeko Surabaya agar ditindak lanjuti, namun Bappeko sepertinya tidak berani melakukan karena terkait anggaran.

“Saya sebagai Anggota Komisi C menangkap signal yang diusulkan masyarakat setempat, tinggal eksekutornya bagaimana untuk merealisasikan pemugaran Makam Mbah Karimah. Kan eksekutornya dalam hal ini eksekutif, yaitu Pemkot Surabaya, kata Sukadar.

Ia menyarankan agar Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bisa menindak lanjuti usulan dari masyarakat Surabaya soal penataan Makam Mbah Karimah, khususnya warga yang ada disekitar Kembang Kuning. “Jadi kalau Pak Eri Cahyadi ada niatan untuk memugar Makam Mbah Karimah, Komisi C bisa mengusulkan dalam perencanaan anggaran APBD tahun 2023, katanya.[asg/kun]


https://beritajatim.com/politik-pemerintahan/warga-kembang-kuning-surabaya-sambut-baik-wacana-pemugaran-makam-mertua-sunan-ampel/

Sumber: https://beritajatim.com/politik-pemerintahan/warga-kembang-kuning-surabaya-sambut-baik-wacana-pemugaran-makam-mertua-sunan-ampel/
Tokoh



Graph

Extracted

persons Eri Cahyadi,
companies ADA, Dana, Google,
ministries DPRD,
products PKL, UMKM,
places JAWA TIMUR,
cities Kramat, Surabaya,