Polisi Imbau Warga Tak Berkepentingan Hindari Ancol Saat Balap Formula E

  • 03 Juni 2022 17:03:31
  • Views: 14

TEMPO.CO, Jakarta - Polda Metro Jaya telah menyiapkan 1.778 personel untuk menjaga keamanan balapan mobil listrik Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol pada 4 Juni 2022. Masyarakat yang tidak berkepentingan diimbau menghindari kawasan itu karena jumlah penonton diperkirakan sangat banyak.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Endra Zulpan mengatakan, jumlah personel itu terdiri dari anggota kepolisian Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat dan dibantu oleh instansi terkait lainnya. Polisi kata dia sudah siap mengamankan balapan kelas internasional itu.

Polda Metro Jaya siap mengamankan kegiatan tersebut. Kekuatan yang kami siapkan untuk mengamankan kegiatan Formula E ini sebanyak 1.778 personel, kata Zulpan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat, 3 Juni 2022.

Dia berharap kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar setelah diterjunkannya personel itu. Selain itu, karena seluruh tiket kata Zulpan sudah terjual, dan jumlah penonton diperkirakan mencapai 20 ribu orang, dia mengimbau kepada masyarakat yang tidak berkepentingan mengindari kawasan itu.

Sehingga, tentunya kami mengimbau agar masyarakat yang tidak berkepentingan dengan kegiatan di Ancol dan sekitarnya ini bisa menghindar di kawasan itu mengingat banyak penonton yang datang ke kegiatan menonton balap ini, kata dia.

Ketua Komite Pelaksana Formula E Jakarta Ahmad Sahroni mengatakan, lokasi parkir di dekat sirkuit Formula E hanya diperuntukkan bagi Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Para penonton VIP dan VVIP lain harus parkir sesuai kelas tiket Formula E yang dibeli.

Hanya kendaraan presiden yang boleh parkir di VVIP

Ada dua area parkir untuk penonton Formula E yakni di area Jakarta International Expo (JIExpo) dan Jakarta International Stadium (JIS). Panitia juga akan menyiapkan shuttle bus untuk antar jemput menuju ke lokasi balapan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara. Kalau Presiden datang, hanya kendaraaan Presiden yang boleh parkir di dalam (area) VVIP, ujar Sahroni kepada wartawan, Selasa, 31 Mei 2022.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun hanya diperbolehkan untuk melakukan drop off di area VVIP sirkuit. Kemudian mobil gubernur akan diarahkan untuk parkir di kawasan Jakarta International Stadium (JIS). “Pokoknya semua kendaraan di JIS or JIExpo kecuali Presiden, ucap Sahroni.

Meski sudah dipersiapkan parkir khusus, Sahroni mengatakan bahwa pihak panitia sampai sejauh ini belum mendapatkan konfirmasi terkait kehadiran Presiden Jokowi saat Jakarta E-Prix nanti. Belum nih, katanya.

Informasi soal kehadiran Jokowi untuk menonton Formula E di Jakarta International E-prix Circuit itu disampaikan oleh Karo Ops Polda Metro Jaya Kombes Marsudiyanto yang mengecek lokasi sirkuit pada Senin lalu. Insya Allah hadir, dari Paspampres juga sudah ada yang melakukan pengecekan di sini, kata Marsudiyanto seperti dikutip dari Antara, Senin, 30 Mei 2022.

Kepala Biro Operasional Polda Metro Jaya itu mengatakan dari aspek kemanan dan pengamanan, Polda Metro bersama dengan Paspampres telah melakukan peninjauan lokasi sirkuit Formula E di kawasan Ancol itu.

Baca juga: Ketua Panitia Ahmad Sahroni Borong Tiket Formula E Senilai Rp 1,2 Miliar


https://metro.tempo.co/read/1598010/polisi-imbau-warga-tak-berkepentingan-hindari-ancol-saat-balap-formula-e

Sumber: https://metro.tempo.co/read/1598010/polisi-imbau-warga-tak-berkepentingan-hindari-ancol-saat-balap-formula-e
Tokoh









Graph

Extracted

persons Ahmad Sahroni, Anies Baswedan, Endra Zulpan, joko widodo,
companies ADA,
ministries Polda Metro Jaya, Polisi,
institutions Paspampres,
topics Listrik,
fasums Monas,
places DKI Jakarta, Sumatera Utara,
cities Ancol,
transportations mobil listrik,