Jurnalis di Bidang Ekonomi Dituntut Dalami Isu

  • 03 Juni 2022 16:57:18
  • Views: 5

DAGO, AYOBANDUNG.COM -- Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat Hilman Hidayat menjadi pembicara Kiat Jurnalis Meliput di Bidang Ekonomi dalam acara Media Workshop di Hotel Sheraton Bandung, Jalan Ir H Djuanda, Kota Bandung, Jumat 3 Mei 2022.

Media workshop yang diselenggarakan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) ini diikuti sejumlah perwakilan dari berbagai media di Jawa Barat.

Hilman Hidayat mengatakan bahwa jurnalis yang meliput di bidang ekonomi harus bisa mendekatkan masyarakat pada persoalan ekonomi dan bisnis.

Baca Juga: Hilman Hidayat Ingatkan Peran Media sebagai Watchdog Bukan Pengekor

Untuk menunjangnya, wartawan ekonomi harus memiliki kemampuan ekstra, mulai dari menganalisis sebuah perusahaan, kemampuan membaca situasi ekonomi di dalam dan luar negeri, mengenal serta memahami istilah-istilah ekonomi dalam wawancara dan penulisan berita, juga memahami hukum dan etika berbisnis.

Adapun tulisan jurnalis di bidang ekonomi, kata Hilman, harus meliputi 4 hal, yakni menjelaskan aktivitas ekonomi yang terjadi secara terperinci, memaparkan hikmah dari sebuah timbal balik aktivitas ekonomi yang terjadi, Mudah dipahami oleh khalayak, serta memberi inspirasi pada pembaca untuk mengambil keputusan ekonomi, katanya.

Selain itu, Hilman juga menjelaskan berbagai objek peliputan jurnalis di bidang ekonomi, meliputi ekonomi mikro, makro, telekomunikasi, energi, transportasi, niaga jasa, hukum bisnis, hingga investasi.

Baca Juga: Hilman Hidayat Sabet Lifetime Achievement Jurnalis Cetak dan Online di Festival Literasi Digital

Setiap objek peliputan memiliki fokus bahasan tersendiri.


https://www.ayobandung.com/bandung-raya/pr-793521281/jurnalis-di-bidang-ekonomi-dituntut-dalami-isu

Sumber: https://www.ayobandung.com/bandung-raya/pr-793521281/jurnalis-di-bidang-ekonomi-dituntut-dalami-isu
Tokoh

Graph

Extracted

ministries LPS,
organizations Persatuan Wartawan Indonesia (PWI),
nations Indonesia,
places JAWA BARAT,
cities bandung,