Tenaga Honorer Dihapus, P2G: Nasib Guru Semakin Terjepit

  • 03 Juni 2022 16:04:15
  • Views: 15

TEMPO.CO, Jakarta -Kepala Bidang Advokasi Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) menyayangkan keputusan pemerintah menghapus tenaga honorer karena akan semakin menyudutkan guru honorer.

Kabid Advokasi P2G Iman Zanatul Haeri menilai memang ada itikad baik dari pemerintah untuk menghapus tenaga honorer, pasalnya, nasib guru honorer saat ini memang sangat memprihatinkan.

Pun kesempatan guru honorer untuk mengikuti seleksi CPNS atau PPPK juga tidak menjamin nasib guru honorer, karena hingga kini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tidak memberikan afirmasi soal satu juta kuota untuk guru honorer.

“Hingga Februari ada 700 ribu guru honorer di Indonesia. Dengan jumlah 700 ribu ini kami tidak yakin pada 2023 mereka akan terselamatkan. Kemungkinan mereka akan terhempas dengan lulusan PPPK, kata Iman Zanatul Haeri saat dihubungi Tempo, Kamis, 2 Januari 2022.

Jumlah ini pun belum termasuk guru honorer di sekolah di bawah naungan Kementerian Agama, madrasah misalnya. Sebab, kata Iman, hampir
90 persen sekolah-sekolah ini adalah swasta sehingga tidak terdeteksi.


https://bisnis.tempo.co/read/1597994/tenaga-honorer-dihapus-p2g-nasib-guru-semakin-terjepit

Sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1597994/tenaga-honorer-dihapus-p2g-nasib-guru-semakin-terjepit
Tokoh



Graph

Extracted

persons Sukamto,
companies ADA,
ministries KPK,
organizations Perhimpunan Pendidikan dan Guru,
topics CPNS,
fasums Gedung Merah Putih KPK,
products PPPK,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities Bekasi,
cases korupsi,