Kenapa BUMN Enggan Jadi Sponsor Formula E?

  • 03 Juni 2022 15:15:56
  • Views: 17

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menyedihkan. Ya itu karena tak semua mendukung penuh Formula E Jakarta. Perusahaan pelat merah sekelas Badan Usaha Milik Negara atau BUMN pun enggan memberikan sponsor terhadap event internasional tersebut.

Padahal, event ini akan menjual nama Indonesia ke dunia. Menteri BUMN Erick Thohir kemarin saat ditanya oleh awak media pun bungkam. Ia memilih no komen mengapa kementerian yang dinakhodai itu tak mendukung Formula E di Ancol tersebut.

Padahal, ini Indonesia untuk pertama kalinya akan menggelar ajang balap mobil listrik Formula E. Para pengamat pun percaya perhelatan itu bisa membuat mata seluruh dunia tertuju ke Indonesia tercinta.

Meski begitu, Gubernur DKI Jakarta juga enggan berkomentar dan tidak mau ambil pusing dengan absennya sponsor dari BUMN tersebut.

Baginya, terpenting saat ini adalah mempersiapkan dengan matang agar Formula E bisa berjalan sesuai dengan rencana.

Dunia melihat Jakarta, melihat Indonesia dan kita ingin agar ini jadi kesempatan untuk membawa nama baik Indonesia ke gelanggang dunia, ujarnya kemarin.

Berbeda dengan MotoGP Mandalika

Sementara itu, Ketua Organizing Commitee Formula E Ahmad Sahroni pada Mei 2022 kemarin sempat bertemu dengan Menteri BUMN Erick Thohir. Tapi sayang, kata dia, tidak ada timbal balik dari Erick Thohir terkait sponsor Formula E.

Itulah sayang banget Formula E ajang motorsport dunia tapi BUMN-nya nggak ikut serta mendampingi, jelasnya.

Meski tak diungkapkan, Sahroni jelas kecewa dengan hal itu. Padahal kata dia, untuk listrik pihaknya sudah bayar full.

BUMN tidak berikan sponsor apapun, PLN untuk kelistrikan juga kami bayar full. Maap nih BUMN tuh kan bagian dari Republik Indonesia kan yah? Kami ga ngotot minta tapi ngotot untuk jadi bagian Indonesia, tulis Sahroni dalam akun instagramnya.

Ini tentu berbeda dengan perhelatan MotoGP Mandalika dimana beberapa perusahaan BUMN beramai-ramai menjadi sponsor. Mendukung mati-matian event tersebut hingga berjalan dengan sukses.

Diketahui pada saat gelaran MotoGP Mandalika, Pertamina merupakan sponsor utama. nama Pertamina juga digunakan sebagai track naming right di Mandalika.

Kemudian ada juga perusahaan pelat merah lain seperti PT Telkom Indonesia, PT Telkomsel, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero), Tbk, hingga PT PGN Tbk.

Sekedar diketahui, berdasarkan jadwal Formula E Jakarta, ajang balap mobil listrik single-seater tersebut bakal digelar di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, pada Sabtu (4/6/2022) nanti. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


https://www.timesindonesia.co.id/read/news/412189/kenapa-bumn-enggan-jadi-sponsor-formula-e

Sumber: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/412189/kenapa-bumn-enggan-jadi-sponsor-formula-e
Tokoh







Graph