Harga Telur Ayam Tembus Rp30 Ribu per Kilogram, Apa Penyebabnya?

  • 03 Juni 2022 15:07:01
  • Views: 14

IDXChannel - Beberapa hari ini, harga pangan terus mengalami kenaikan, terutama telur ayam ras. 

Berdasarkan pantauan MNC Portal Indonesia di situs Info Pangan Jakarta hari ini, Jumat (3/6/2022), harga telur ayam ras tembus Rp 30 ribu per kilogram. 

Harga tersebut berlaku di Pasar Tebet Barat, Pasar Kalideres, Pasar Rumput, Pasar Grogol, Pasar Jembatan Merah, Pasar Glodok, Pasar Gondangdia, Pasar Petejo Ilir, Pasar Tebet Barat,  Pasar Pluit serta Pasar Jembatan Lima. Sementara untuk pasar DKI Jakarta lainnya dipatok Rp 28-29 ribu per kilogram. 

Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri mengatakan, kenaikan harga telur saat ini lantaran adanya kenaikan harga pakan untuk ayam petelur. 

Dijelaskannya, kenaikan harga pakan ini sudah terjadi sejak Januari, Februari, hingga Maret 2022.  Dia juga bilang bahwa beberapa hari yang lalu, kenaikan harga pakan ini sempat menjadi bahan bincang di kalangan peternak, sebab memberikan beban pada produksi ayam petelur.

“Beberapa hari lalu, dikalangan peternak sempat ramai bahas kenaikan harga pakan ini, karena harga pakan untuk ayam petelur beda dengan pakan ayam potong. Petelur itu sudah mengalami kenaikan yang variatif, ada yang naik Rp 1.000, Rp 2.000, bahkan sampai Rp 2.500. Ini yang bikin harga telur ayam jadi naik di pasaran, terang Abdullah saat dihubungi, Jumat (3/6/2022).

Senada, Direktur of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan, saat ini pakan ternak mengalami kenaikan karena harga jagung dan gandum meningkat tajam sejak awal tahun. Hal ini yang menjadi salah satu pemicu telur mahal. 

Berdasarkan data di pasar spot internasional, harga jagung mengalami kenaikan sebesar 10,8 persen setahun terakhir, dan gandum 57,9 persen di periode yang sama. Bukan hanya Indonesia, di hampir seluruh dunia input pakan ternak alami lonjakan harga, beber Bhima.

Melihat kondisi harga telur serta bahan pangan lainnya yang sedang naik, ia menyarankan masyarakat untuk lebih banyak berhemat dan prioritaskan sisa tabungan untuk dana darurat. Hindari ketergantungan pada utang konsumtif secara berlebihan, dan jaga gaya hidup tetap sederhana.

(SAN)


https://www.idxchannel.com/economics/harga-telur-ayam-tembus-rp30-ribu-per-kilogram-apa-penyebabnya

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/harga-telur-ayam-tembus-rp30-ribu-per-kilogram-apa-penyebabnya
Tokoh





Graph

Extracted

persons Abdullah Mansuri, Bhima Yudhistira,
companies ADA, Dana, MNC,
organizations IKAPPI,
products Telur ayam,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Glodok, Gondangdia, Grogol, Jembatan Lima, Kalideres, Pluit, Tebet, Tebet Barat,
animals Ayam,