Dipicu Naiknya Permintaan China dan India, Harga Batu Bara Kembali Menguat 

  • 03 Juni 2022 15:08:09
  • Views: 17

IDXChannel - Harga batu bara mengalami peningkatan pada penutupan perdagangan Kamis (2/6), dimana harga batu bara ICE NewCastle kontrak Juni 2022 menguat 0,12% menjadi US4 412 per ton.

Sebelumnya, harga batu bara sempat ambruk hingga 3,51%. Dan selama sepekan terakhir, harga komoditas ini mengalami penguatan hingga 12,67%.

Untuk kontrak bulan Juli 2022, harga emas hitam ini turut menguat 0,13% menjadi US$ 390 per ton. Demikian pula untuk kontrak bulan Agustus 2022 yang naik 0,13% menjadi US$ 376,45 per ton.

Penguatan harga batu bara ini dipicu oleh beberapa faktor. Pertama, pelonggaran pembatasan di Shanghai, China, yang membuat aktivitas ekonomi kembali hidup dan diharapkan meningkatkan permintaan batu bara.

Kedua, kenaikan permintaan komoditas oleh India seiring dengan kurangnya pasokan di negara tersebut.

Mengutip Reuters, pemerintah India melalui surat dari Menteri Kelistrikan telah meminta perusahaan untuk mengimpor 19 juta ton batu bara hingga akhir Juni 2022.

Pemerintah federal juga telah meminta perusahaan milik pemerintah negara bagian untuk mengimpor lebih dari 22 juta ton batu bara. Selain itu, para pengelola pembangkit listrik swasta diminta untuk mengimpor 15,94 juta ton komoditas. 


https://www.idxchannel.com/market-news/dipicu-naiknya-permintaan-china-dan-india-harga-batu-bara-kembali-menguat

Sumber: https://www.idxchannel.com/market-news/dipicu-naiknya-permintaan-china-dan-india-harga-batu-bara-kembali-menguat
Tokoh

Graph

Extracted

companies MNC, Reuters,
topics Listrik,
products Batu Bara, emas,
nations India, Republik Rakyat Cina,
cities Shanghai,