Kondisi Terkini Warga Jaksel Diduga Terpapar Virus dari Tikus

  • 03 Juni 2022 14:54:25
  • Views: 13

Jakarta -

Delapan warga di RW 02 Cipete Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan (Jaksel) diduga terpapar virus yang berasal dari tikus. Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jaksel mengungkap kondisi terkini kedelapan warga.

Warga tersebut kondisinya sudah sehat dan kembali bekerja, kata Kepala Sudinkes Jaksel, Yudi Dimyati saat dimintai konfirmasi, Jumat (3/6/2022).

Delapan orang tersebut merupakan warga dari RT 08 dan RT 10 di RW 02 Cipete Selatan, Cilandak, Jaksel. Warga tersebut sempat mengalami demam dan mengalami bercak merah di badan.

Dia mengatakan kasus tersebut sebenarnya sudah terjadi sejak bulan Maret hingga April 2022. Usai kasus tersebut mencuat, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengambil sampel tikus dari wilayah tersebut pada 30-31 Mei.

Yang ambil sampel dari Kemenkes. Kami hanya dapat surat pemberitahuan bahwa akan dilakukan survei dan pengambilan sampel, ujarnya.

Dia mengatakan pemeriksaan sampel tikus yang dilakukan Kemenkes tersebut belum selesai.

Saat ini, lanjut dia, pihaknya tengah menunggu hasil pemeriksaan laboratorium dari Kemenkes.

(Kesimpulan) Menunggu hasil sampel. (Lama proses pemeriksaan sampel) ini dari Kemenkes yang lebih tahu, karena pemeriksaan tidak dilakukan di Labkesda milik DKI, jelasnya.

Wagub Sebut Kabar Warga Terpapar Virus Tikus Hoax

Diberitakan sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan kabar warga sakit gegara virus dari tikus itu tidak benar (hoax).

Sudah kami cek bahwa informasi itu adalah informasi yang salah atau hoax, kata Riza di DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (2/6).

Riza mengatakan tim dari Sudinkes Jaksel dan Kecamatan Cilandak telah melakukan pengecekan. Hasilnya, delapan warga itu memang sempat menderita demam pada April lalu.

Namun, katanya, warga tersebut demam bukan karena virus dari tikus. Dia kembali menegaskan kabar yang beredar soal warga kena penyakit dari tikus adalah informasi yang salah.

Memang ada delapan orang dahulu waktu bulan April di bulan Ramadan. Ada yang sakit dan lain-lain, bukan karena virus tikus dan sudah sembuh lama. Jadi informasi itu salah, tegasnya.

(jbr/jbr)

https://news.detik.com/berita/d-6108668/kondisi-terkini-warga-jaksel-diduga-terpapar-virus-dari-tikus

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6108668/kondisi-terkini-warga-jaksel-diduga-terpapar-virus-dari-tikus
Tokoh



Graph

Extracted

persons A Riza Patria,
companies ADA,
ministries Dinkes, DPRD, Kemenkes,
places DKI Jakarta,
cities Cilandak, Cipete Selatan, Kebon Sirih,
cases covid-19,
musicclubs APRIL,