Mendekati Iduladha 1443 H, Peternak Sapi Bangkalan Mulai Cemas

  • 03 Juni 2022 14:23:55
  • Views: 6

Bangkalan (beritajatim.com) – Mendekati Iduladha 1443 H, peternak sapi di Kabupaten Bangkalan mulai cemas. Ini lantaran Pemerintah Provinsi Jawa Timur belum juga menerbitkan prosedur pengiriman hewan ternak.

google.com, pub-9591068673925608, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Bangkalan, Ahmat Hafid, mengatakan hingga kini pihaknya belum menerima surat edaran terkait SOP pengiriman hewan ternak lintas daerah. Padahal, permintaan sapi di luar daerah mulai naik.

“Kami semua masih menunggu terutama peternak sudah harap-harap cemas karena surat tak kunjung keluar, ungkap Hafid, Jumat (3/6/2022).

Hafid menerangkan surat tersebut diperlukan agar pengiriman sapi ke luar daerah tidak ditolak. Sebab beberapa daerah saat ini menerapkan penutupan masuknya hewan ternak dari luar untuk mencegah wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Salah satu peternak, Sahril, mengaku khawatir jika pengiriman tak kunjung dibuka. Sebab, dia dan peternak lain akan mengalami penurunan omset lantaran tidak bisa mengirim sapi Bangkalan ke daerah lain.

“Kemarin saya sudah menunda pesanan 25 ekor sapi ke Jakarta. Jika SOP tak kunjung diterbitkan, kami akan merugi, ungkapnya.

Sahril pun mengatakan seharusnya pemerintah lebih tegas dan jeli dalam pengiriman ternak ke luar daerah. Menurutnya, proses pengiriman sapi sehat tidak bisa dipukul rata dengan sapi yang sakit.

“Kami sudah berupaya merawat dan menjaga sapi supaya sehat dan layak dijual. Namun pemerintah harus tegas juga untuk pengiriman sapi sehat sebaiknya diberikan solusi, pungkasnya. [sar/beq]


https://beritajatim.com/peristiwa/mendekati-iduladha-1443-h-peternak-sapi-bangkalan-mulai-cemas/

Sumber: https://beritajatim.com/peristiwa/mendekati-iduladha-1443-h-peternak-sapi-bangkalan-mulai-cemas/
Tokoh

Graph

Extracted

companies Google,
places DKI Jakarta, JAWA TIMUR,
cities Bangkalan,
animals Sapi,