2.000 Jemaah Calon Haji Asal Jateng & DIY Gagal Berangkat ke Tanah Suci, Ini Sebabnya

  • 03 Juni 2022 09:34:35
  • Views: 13

Merdeka.com - 2.000 Jemaah calon haji asal Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) batal menunaikan ibadah haji tahun ini. Mereka urung berangkat ke Tanah Suci akibat pembatasan kuota dan pembatasan usia di bawah 65 tahun yang dikeluarkan pemerintah Arab Saudi. Padahal, sebelumnya mereka yang seharusnya berangkat tahun 2020 lalu tersebut sudah menunggu selama dua tahun karena pandemi Covid-19.

Koordinator Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Sarip Sahrul Samsudin membenarkan jemaah calon haji tahun ini adalah mereka yang seharusnya berangkat 2020 lalu. Total ada 15.503 calon jemaah haji yang dijadwalkan melaksanakan ibadah haji pada tahun 1443 Hijriah ini. Sedangkan yang telah melunasi pembayaran sekitar 17.000 orang.

taboola

2 dari 2 halaman

Pembatasan Usia

Menurut Sarip, kouta pada tahun 2022 tadinya sekitar 27.000. Namun, karena alasan usia dan beberapa pertimbangan lainnya, Pemerintah Arab Saudi akhirnya memangkas kouta haji tahun ini.

Sebenarnya ada beberapa yang bisa berangkat. Tetapi karena suami atau keluarganya ada yang usianya di atas 65 jadi ikut mundur juga, ujar Sarip, Jumat (3/6).

Menurut Sarip, hingga saat ini belum ada kepastian kapan para calon jemaah haji yang tertunda tersebut diberangkatkan. Dia berharap mereka bisa berangkat tahun berikutnya.

InsyaAllah tahun berikutnya, sambil menunggu regulasi dari Pemerintah Arab Saudi seperti apa, tutup dia. [gil]

Baca juga:
Persiapan Sambut Jemaah Haji di Madinah Capai 90 Persen
Pesan untuk Petugas Haji Jelang Kedatangan Jemaah: Layani Sepenuh Hati, Kenali Lokasi
Jemaah Calon Haji Berisiko Tinggi akan Diberi Gelang Khusus, Ini Kegunaannya
MPR: Jemaah Tak Perlu Khawatir, Negara Bertanggung Jawab Atas Kekurangan Biaya Haji
Lansia akan jadi Prioritas Haji Tahun Depan jika Tak Ada Pembatasan Umur
Koper Jemaah Calon Haji Embarkasi Solo Mulai Berdatangan
Catatan Perjalanan Haji: Bergetar Hati Menapak Kaki di Tanah Suci


https://www.merdeka.com/peristiwa/2000-jemaah-calon-haji-asal-jateng-amp-diy-gagal-berangkat-ke-tanah-suci-ini-sebabnya.html
 

Sumber: https://www.merdeka.com/peristiwa/2000-jemaah-calon-haji-asal-jateng-amp-diy-gagal-berangkat-ke-tanah-suci-ini-sebabnya.html
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries MPR RI,
topics haji,
events Ibadah Haji,
nations Arab Saudi,
places DI YOGYAKARTA, JAWA TENGAH,
cities Madinah, Solo, Yogyakarta,
cases covid-19,