Harga Minyak Dunia Hari Ini Naik Dibayangi Perang Pasokan AS-OPEC+

  • 03 Juni 2022 08:58:53
  • Views: 15

Liputan6.com, New York - Pasar minyak mentah dunia kembali berubah. Harga minyak dunia hari ini naik lebih dari 1 persen setelah persediaan minyak mentah AS turun lebih dari yang diharapkan di tengah permintaan tinggi untuk bahan bakar.

AS tampak mengabaikan kesepakatan OPEC+ untuk meningkatkan produksi minyak mentah untuk mengkompensasi penurunan produksi dari Rusia.

Harga minyak dunia juga didukung paket sanksi keenam Uni Eropa terhadap Rusia, yang akan mencakup larangan segera atas kontrak asuransi baru untuk kapal yang membawa minyak Rusia dan penghentian kontrak yang ada selama enam bulan.

Melansir laman The Star, Jumat (3/6/2022), harga minyak berjangka Brent LCOc1 berada pada posisi USD 1,32, atau 1,1 persen lebih tinggi menjadi USD 117,61 per barel.

Sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS CLc1 naik USD 1,61, atau 1,4 persen menjadi USD 116,87.

Stok minyak mentah dan bahan bakar AS turun pada pekan lalu, karena permintaan terus melampaui pasokan, dengan persediaan minyak mentah komersial berkurang bahkan ketika lebih banyak cadangan strategis memasuki pasar, data pemerintah menunjukkan.

Stok minyak mentah AS turun 5,1 juta barel, dibandingkan dengan ekspektasi analis dalam jajak pendapat Reuters untuk penurunan 1,3 juta barel.

Harga minyak turun lebih awal pada hari Kamis karena Arab Saudi dan negara-negara OPEC+ lainnya sepakat untuk memajukan produksi minyak guna mengimbangi kerugian produksi Rusia.

Hal ini guna meredakan lonjakan harga minyak dan inflasi serta memuluskan jalan bagi kunjungan pemecah kebekuan ke Riyadh oleh Presiden AS Joe Biden.

 

 


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4977241/harga-minyak-dunia-hari-ini-naik-dibayangi-perang-pasokan-as-opec

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4977241/harga-minyak-dunia-hari-ini-naik-dibayangi-perang-pasokan-as-opec
Tokoh



Graph

Extracted

persons Joe Biden,
companies ADA, Reuters,
organizations OPEC,
ngos AJI,
topics Harga minyak dunia, Harga Minyak Turun,
fasums SPBU,
products West Texas Intermediate,
nations Arab Saudi, Rusia, Uni Eropa,
cities New York, Riyadh,