BMKG: Sebagian Besar Wilayah Jatim akan Diguyur Hujan pada Sore Hari

  • 03 Juni 2022 08:54:21
  • Views: 18

Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika merilis informasi cuaca untuk wilayah Jawa Timur (Jatim), pada Jumat (3/6/2022). Sebagian Wilayah akan diguyur hujan dengan skala sedang hingga disertai petir, pada Jumat pagi sampai dengan Sabtu (4/6/2022) dini hari.

Dalam keterangan resminya, diprakirakan hujan dengan skala sedang akan mengguyur satu wilayah pada pagi hari, yakni di Kabupaten Gresik.

Sementara untuk siang sampai denga sore hari, hujan akan mengguyur wilayah Kota Surabaya, Mojokerto, Batu, Kabupaten Sidoarjo, Mojokerto, Lamongan, Bojonegoro, Malang, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Pamekasan dan Sumenep.

Belum ada informasi prakiraan hujan untuk malam hari di wilayah Jatim, namun wilayah Kabupaten Sumenep diprakirakan akan diguyur hujan pada Sabtu (4/6/2022) dini hari.

Arah angin didominasi dari Tenggara ke Selatan, dengan kecepatan lima sampai dengan 40 km/jam. Kelembapan udara mencapai 60 sampai dengan 100 persen, dengan suhu udara berada di angka 15 sampai dengan 34 derajat celcius.

Informasi dari BMKG Maritim Perak Surabaya, Jumat (3/6/2022), potensi hujan ringan hingga sedang dapat terjadi di seluruh wilayah perairan Jatim

Arah angin didominasi dari Timur ke Tenggara, kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian Timur sebesar 17 knots (31 km/jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 14 knots (26 km/jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura 0.2-1.0 m, di Laut Jawa bagian timur antara 0.2-1.3 m, dan di Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.3-3.0 m.

Pihak BMKG Maritim Perak Surabaya memgimbau masyarakat untuk mewaspada tinggi gelombang lebih dari 2.5 m di Perairan Selatan Jatim dan Samudera Hindia Selatan Jatim. (bil/ipg)


https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2022/bmkg-sebagian-besar-wilayah-jatim-akan-diguyur-hujan-pada-sore-hari/

Sumber: https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2022/bmkg-sebagian-besar-wilayah-jatim-akan-diguyur-hujan-pada-sore-hari/
Tokoh



Graph