Embarkasi Solo Jadi Pertama Berangkatkan Calon Haji, Kloter 1 dari Pati

  • 03 Juni 2022 07:19:01
  • Views: 20

MerahPutih.com - Indonesia mulai memberangkatkan calon jemaah haji (calhaj) tahun 2022 pada pekan ini.

Kementerian Agama (Kemenag) memastikan, Embarkasi Solo menjadi yang pertama memberangkatkan calon haji 1443 H/2022. Kloter 1 yang diberangkatkan dari Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Sabtu (4/6) pukul 00.00 WIB.

Kepala Unit Pengelolaan Asrama Haji Donohudan Bambang Sumanto mengatakan, Kabupaten Pati menjadi kloter 1 yang diberangkatkan dari Asrama Haji Donohudan (AHD) Boyolali, Jawa Tengah. Total ada 355 calhaj dan empat orang yang akan diberangkatkan.

Baca Juga:

Kemenkes Nyatakan 95,7 Persen Calon Jemaah Haji Penuhi Syarat Kesehatan

Calhaj kloter 1 Pati dari akan masuk ke Asrama Haji Donohudan pada Jumat besok pukul 08.00 WIB, ujar Bambang pada awak media di AHD, Kamis (2/6).

Dikatakannya, untuk pelepasan calhaj kloter 1 akan dilakukan langsung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Anggota Komisi VIII DPR. Prosesi pelepasan dilaksanakan pada Jumat (4/6) pukul 21.00 WIB.

Pemberangkatan ke Tanah Suci melalui Bandara Internasional Adisoemarmo Solo, Sabtu pukul 00.00 WIB, papar dia.

Kepala
Kepala Unit Pengelolaan Asrama Haji Donohudan Bambang Sumanto. (MP/Ismail)

Ia menjelaskan, Asrama Haji Donohudan pada tahun ini memberangkatkan sebanyak 15.305 calhaj yang berasal dari Provinsi DIY dan Jawa Tengah. Untuk perinciannya sebanyak 1.437 calhaj dari DIY dan 13.868 calhaj dari Jawa Tengah.

Total Asrama Haji Donohudan memberangkatkan 43 kloter yang pemberangkatannya mulai tanggal 4 Juni sampai 3 Juli, kata dia.

Baca Juga:

DPR Pastikan Penambahan Biaya Haji Tak Dibebankan ke Jemaah

Diakuinya, jumlah calhaj tahun ini berkurang dari tahun sebelumnya. Dari awal pendataan jumlah calhaj tahun ini ada sebanyak 27.000.

Kemudian ada pembatasan usia yang berangkat haji maksimal usia 65 tahun yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi membuat calhaj banyak tidak lolos, katanya.

Ia menambahkan, aturan prokes tetap diberlakukan bagi calhaj. Di mana calhaj harus menjalani tes PCR negatif sebelum masuk Asrama Haji Donohudan.

Untuk keberangkatan juga kita batasi sehari dua kloter dengan setiap kloter ada 355 calhaj, pungkasnya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

DPR Bersama Kemenag Wacanakan Revisi UU BPKH dan UU Haji


https://merahputih.com/post/read/embarkasi-solo-jadi-pertama-berangkatkan-calon-haji-kloter-1-dari-pati

Sumber: https://merahputih.com/post/read/embarkasi-solo-jadi-pertama-berangkatkan-calon-haji-kloter-1-dari-pati
Tokoh



Graph

Extracted

persons Ganjar Pranowo,
companies ADA,
ministries BPKH, DPR RI, Kemenag, Kemenkes, Komisi VIII DPR,
topics haji,
products PCR,
nations Arab Saudi, Indonesia,
places JAWA TENGAH,
cities Boyolali, Pati, Solo,