Wall Street Ditutup Melonjak Ditopang Saham Tesla dan Nvidia

  • 03 Juni 2022 07:07:16
  • Views: 15

IDXChannel - Bursa saham Amerika Serikat (Wall Street) ditutup naik tajam pada perdagangan Kamis (2/6/2022) waktu setempat. Penguatan saham Tesla, Nvidia dan saham pertumbuhan megacap lainnya menjadi pendorong penguatan, menjelang laporan pekerjaan utama yang akan dirilis pada hari Jumat.

Mengutip Reuters, S&P 500 naik 1,84 persen untuk mengakhiri sesi di 4.176,82 poin. Nasdaq naik 2,69 persen menjadi 12.316,90 poin, sementara Dow Jones Industrial Average naik 1,33 persen menjadi 33.248,28 poin.

Saham Tesla, Nvidia dan Meta Platforms masing-masing naik lebih dari 4 persen, mendorong kenaikan di S&P 500 dan Nasdaq. Sedangkan Amazon menguat 3,1 persen dan Apple menambahkan 1,7 persen.

Dari 11 indeks sektor S&P 500, 10 naik, dipimpin oleh Consumer Discretionary, naik 3,03 persen, diikuti oleh kenaikan 2,69 persen di Material.

Indeks saham AS pulih dari penurunan pada hari sebelumnya setelah Wakil Ketua Federal Reserve Lael Brainard mengatakan dia mendukung setidaknya beberapa kenaikan suku bunga setengah poin persentase lagi, dan melihat sedikit kasus untuk menghentikan kenaikan suku bunga pada bulan September jika tekanan harga gagal mereda.

Pasar saham A.S. telah melakukan pemulihan moderat dalam beberapa sesi terakhir, dengan investor memperdebatkan apakah aksi jual terburuk yang telah mendominasi Wall Street pada 2022 akan berakhir.

Volatilitas telah menjadi norma, tidak terkecuali. Saham disandera oleh inflasi, dan sampai inflasi terkendali, volatilitas kemungkinan akan tetap tinggi, kata Terry Sandven, kepala strategi ekuitas di U.S. Bank Wealth Management di Minneapolis, Minnesota, memperingatkan.

Namun, indeks S&P 500 sekarang turun sekitar 13 persen dari rekor penutupan tertinggi pada awal Januari.

Indeks Philadelphia Semiconductor melonjak 3,6 persen menjadi berakhir pada level tertinggi dalam hampir sebulan.

Pembagian gaji di perushaan swasta AS meningkat jauh lebih rendah dari yang diharapkan pada Mei, menunjukkan permintaan tenaga kerja mulai melambat di tengah suku bunga yang lebih tinggi dan pengetatan kondisi keuangan, laporan Ketenagakerjaan Nasional ADP menunjukkan.

Semua mata sekarang tertuju pada data nonfarm payrolls pemerintah pada hari Jumat, dengan investor mencari tanda-tanda baru kesehatan ekonomi AS dan seberapa agresif Fed dapat terus menaikkan suku bunga. Analis memperkirakan ekonomi telah menambahkan 325.000 pekerjaan bulan lalu.

Saham Microsoft naik 0,8 persen, bahkan setelah pembuat perangkat lunak memangkas perkiraan laba dan pendapatan kuartal keempat, menjadikannya perusahaan AS terbaru yang memperingatkan pukulan dari dolar AS yang lebih kuat.

Hewlett Packard Enterprise Co turun 5,2 persen setelah perusahaan teknologi itu memberikan perkiraan setahun penuh yang mengecewakan karena hambatan mata uang dan keluarnya dari Rusia.

Veeva Systems reli hampir 15 persen setelah perkiraan pendapatan kuartalan penjual perangkat lunak ilmu kehidupan mengalahkan ekspektasi.

Ford Motor Co naik 2,5 persen setelah pembuat mobil itu mengatakan berencana untuk menginvestasikan USD3,7 miliar di pabrik perakitan di Michigan, Ohio dan Missouri. Baca selengkapnya

Di seluruh pasar saham AS, saham yang naik melebihi jumlah yang jatuh dengan rasio 3,5 banding satu.

S&P 500 membukukan satu tertinggi baru dan 29 terendah baru; Nasdaq mencatat 33 tertinggi baru dan 107 terendah baru.

Volume di bursa AS relatif ringan, dengan 10,7 miliar saham diperdagangkan, dibandingkan dengan rata-rata 13,3 miliar saham selama 20 sesi sebelumnya. (RAMA)


https://www.idxchannel.com/market-news/wall-street-ditutup-melonjak-ditopang-saham-tesla-dan-nvidia

Sumber: https://www.idxchannel.com/market-news/wall-street-ditutup-melonjak-ditopang-saham-tesla-dan-nvidia
Tokoh

Graph