Menko Airlangga Klaim Inflasi Indonesia Masih Terkendali, Bandingkan dengan Negara Lain

  • 02 Juni 2022 22:58:56
  • Views: 16

Liputan6.com, Jakarta Pencapaian inflasi Indonesia masih terkendali di tengah tren peningkatan inflasi yang terjadi di berbagai negara.

Realisasi inflasi pada Mei 2022 tercatat sebesar 3,55 persen (yoy), sedikit meningkat jika dibanding bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 3,47 persen (yoy), namun tetap berada dalam rentang sasaran inflasi yang telah ditetapkansebesar 3±1 persen (yoy).

“Inflasi Indonesia masih terkendali ditengah tren peningkatan inflasi yang masih terjadi di berbagai negara, ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Kamis (2/6/2022).

Seperti Uni Eropa saat ini inflasinya tercatat sebesar 8,1 persen (yoy) pada Mei 2022. Kemudian India, Korea Selatan dan Inggris yang realisasi inflasinya masing-masing tercatat sebesar 7,79% (yoy), 4,8 persen (yoy) dan 9 persen (yoy) pada April2022. Bahkan inflasi Rusia tercatat hingga mencapai 17,83 persen (yoy)

Secara bulanan, pada Mei tercatat inflasi sebesar 0,40 persen (mtm), menurun dibandingb ulan April yang mencapai 0,95 persen (mtm). Capaian inflasi Mei dipengaruhi pergerakan dari seluruh komponen.

Inflasi komponen Volatile Food (VF) tercatat sebesar 0,94 persen (mtm) atau 6,05 persen (yoy) terutama disumbang oleh kenaikan harga telur ayam ras dan bawang merah.

Kenaikan harga telur ayam ras saat ini disebabkan olehtingginya biaya produksi yang berasal dari harga pakan dan masih tingginyapermintaan masyarakat.

Kenaikan harga telur ayam ini juga mendorong kenaikan NTPSubsektor Peternakan sebesar 0,07 persen .

Komoditas yang mengalami penurunan harga salah satunya minyak goreng dengan andil -0,01 persen.

Kebijakan Pemerintah terkait pelarangan ekspor CPO dan sejumlah produk turunannya pada 28 April sampai 23 Mei 2022 menyebabkan turunnya harga kelapa sawit dan berdampak pada penurunan harga minyak goreng secara keseluruhan.

 


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4977123/menko-airlangga-klaim-inflasi-indonesia-masih-terkendali-bandingkan-dengan-negara-lain

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4977123/menko-airlangga-klaim-inflasi-indonesia-masih-terkendali-bandingkan-dengan-negara-lain
Tokoh



Graph

Extracted

persons Airlangga Hartarto,
companies WhatsApp,
topics ekspor,
products CPO, Telur ayam,
nations India, Indonesia, Inggris, Korea Selatan, Rusia, Uni Eropa,
places DKI Jakarta,
animals Ayam,
plants Bawang merah,
musicclubs APRIL,