Imbas Banjir Rob, Petani Tambak Bandeng dan Udang di Pekalongan Gagal Panen

  • 02 Juni 2022 21:34:32
  • Views: 17

Merdeka.com - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jawa Tengah menyatakan sejumlah petani tambak di empat kabupaten Jateng mengalami kerugian akibat diterjang banjir rob. Di Pekalongan Dari total 700,96 hektar tambak, sekitar 600 hektar dipastikan gagal panen dengan angka kerugian mencapai Rp8,6 miliar.

Cukup besar juga nilai kerugiannya. Hampir 80 persen tambak di Pekalongan kena imbas banjir rob Pantura. Di Tegal kerugian akibat banjir karena tambak bandeng dan udang vanamenya rusak kena banjir. Tambak bandeng yang gagal panen seluas 370 hektar dan tambak vaname yang gagal panen ada 33 hektar, total diperkirakan mencapai Rp50 miliar, kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pemprov Jateng, Fendiawan Tiskiantoro, Kamis (2/6).

taboola

Dia menyebut tambak ikan nila dan udang vaname di wilayah Pati juga mengalami kerusakan seluas 2.005 hektar. Tambak yang rusak tersebar di Kecamatan Batangan, Kecamatan Juwana, Kecamatan Wedarijaksa, Kecamatan Trangkil, Kecamatan Margoyoso, Kecamatan Tayu dan Kecamatan Seti.

Jumlah kerugian yang ditanggung petambak di Pati ditaksir mencapai Rp29,6 miliar, ujar dia.

Sedangkan untuk wilayah Kabupaten Brebes, kerusakan tambak akibat banjir rob berada di 13 desa. Yakni mencakup Desa Wanasari, Desa Brebes, Desa Bulakamba, Desa Tanjung, Desa Randusanga Kulon dan Losari.

Yang di Brebes kawasan tambak yang kena banjir besar ada di 13 desa.Para petambak di sana kerugian yang diderita senilai Rp8,4 miliar. Itu belum termasuk di Desa Randusanga Kulon yang mana ada tambak bandeng, udang vaname, rumput laut dan garam seluas 800 hektar hancur kena banjir. Jumlah kerugiannya Rp2,4 miliar, kata dia.

Saat ini pihaknya sedang berusaha memberikan bantuan stimulus untuk memulihkan sektor industri tambak budidaya yang dihantam banjir rob. Langkah riilnya dengan memberikan bantuan jaringan agar dapat dipasang di sekeliling tambak yang rusak.

“Bantuan jaring juga bisa dimanfaatkan untuk mempercepat masa panen ikan. Sehingga dampak yang ditimbulkan tidak terlalu besar. Solusinya kita bersama dinas di kabupaten kota yang terdampak banjir rob kita bantu benih bandeng untuk memulihkan lagi perekonomian nelayan di pesisir pantura, pungkasnya.

Baca juga:
Ganjar Instruksikan Patroli di Titik Rawan Banjir Rob dan Potensi Tanggul Jebol
Ganjar Instruksikan Patroli di Titik Rawan Banjir Rob dan Potensi Tanggul Jebol
Ganjar Gandeng Kalangan Konsultan Bantu Penanganan Rob Pantura Jateng
Analisis Badan Geologi Penyebab Penurunan Tanah di Pantura Jateng
BPBD DKI Keluarkan Peringatan Banjir Rob di 9 Wilayah Jakut
Warga Pesisir Utara Tetap Beraktivitas di Tengah Banjir, Panen Ikan hingga Resepsi
Fase Bulan Baru per 30 Mei Sebabkan Potensi Rob Sejumlah Wilayah
Penyebab Banjir Rob di Pantura Jateng: Penurunan Tanah dan Iklim


https://www.merdeka.com/peristiwa/imbas-banjir-rob-petani-tambak-bandeng-dan-udang-di-pekalongan-gagal-panen.html
 

Sumber: https://www.merdeka.com/peristiwa/imbas-banjir-rob-petani-tambak-bandeng-dan-udang-di-pekalongan-gagal-panen.html
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries BPBD,
topics Banjir, Banjir ob,
fasums Randusanga Kulon,
products Rumput laut,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH,
cities Brebes, Pati, Pekalongan, Tegal,